Benarkah Membeli Biji Kopi Lebih Baik Dari Membeli Bubuk Kopi?

Ini adalah salah satu pertanyaan yang sering secara diam-diam ada di kepala para penikmat kopi, terutama yang masih pemula banget. Kalau kamu lihat di sebuah kedai kopi atau marketplace online yang menjual biji kopi, tentu timbul pertanyaan, mengapa kok jual yang masih biji? Bukankah bikin ribet yang beli? Yap, tidak salah kamu menanyakanya. Memang seharusnya kita mendapatkan banyak kemudahan di zaman yang serba instan ini. Kopi aja ada yang instan,…

Nih Waktu Yang Tepat Buat Menikmati Kopi

Kebanyakan orang meminum kopi di pagi hari. Masuk akal sih. Kan kalau habis bangun itu badan masih belum segar. Bahkan terkadang pegel-pegel dan lain sebagainya yang intinya kita itu masih malas untuk bangun. Untuk itulah biasanya kopi digunakan untuk membuat nuansa bangun di pagi hari itu tidak berat. Membuat badan terasa lebih segera dan membuat hati lebih bersemangat menghadapi rutinitas lagi. Tapi ada juga yang menggunakan kopi sebagai pelumas saat…

Amankah Ngopi Saat Perut Masih Kosong?

Kopi merupakan minuman yang sangat populer di dunia setelah air putih. Hampir semua orang yang hidup di dunia ini mengenal apa itu minuman kopi. Maka dimanapun kamu berada, hampir dapat dipastikan kamu bisa mendapatkanya. Walaupun mungkin di daerah tertentu harganya sangat mahal oleh karena sulitnya mendapatkan kopi di sana. Maka bersyukurlah kamu tinggal di Indonesia yang merupakan salah satu surganya kopi di dunia. Di sini kamu tidak akan kesulitan mendapatkan…

Seru-Seruan Ngopi, Nongkrong Dan Belajar Selama PPKM

Kebijakan PPKM kembali diberlakukan setelah angka korban Covid 19 kembali membeludak. Banyak reaksi dari masyarakat. Ada yang pro ada yang kontra. Ada pro tapi ada sayaratny, ada juga yang kontra kalau dalam kondisi tertentu. Di luar dari semua polemik itu, mari kita lihat dari sisi lain yang berhubungan dengan hobi ngopi kita. Apakah masa PPKM ini bisa kita manfaatkan untuk menekuni hobi ngopi? Tentu saja bagi kamu yang terbiasa ngopi…

Belajar Kopi Online? Siapa Takut!

Kalau dulu yang namanya memasarkan produk itu harus menyewa jasa media masa, sekarang tidak perlu lagi. Sekarang setiap orang bisa memiliki media masa-nya sendiri. Instagram misalnya. Sudah jadi barang umum orang jualan lewat instagram. Bahkan ada yang sukses hanya bermodalkan instagram. Dan itu gratis. Jadi, tenaga pemasar atau siapapun yang ingin memasarkan produk di zaman sekarang sudah sangat dimudahkan. Atau bahkan dengan kata lain sudah gratis. Yang dulunya perusahaan besar…

Menulis Catatan Harian Sambil Ditemani Secangkir Kopi

Catatan harian itu pernah menjadi tren di masa lalu. Dimana remaja di masa lalu sempat membudayakan saling tukar catatan harian. Yang mana budaya ini sekarang sudah tidak ada atau jarang sekali ditemui lagi. Bahkan beberapa orang malah mengejeknya kalau masih melakukan kebiasaan itu. Muda-mudi di jaman sekarang akan menganggap catatan harian kuno dan ketinggalan jaman. Padahal kalau dilihat dari sisi lain, catatan harian itu ada yang bisa mengubah sejarah. Banyak…

Awalnya Pandemi Mengancam Kesehatan, Lama-Lama Mental Juga

Di masa pandemi ini kita harus siap menerima terpaaan fisik dan mental. Secara fisik, tentunya kita sudah tahu atau setidaknya pernah melihat di TV atau platform lain. Namun serangan penyakit ini terhadap mental manusia, jarang ada yang memperhatikan. Gejalanya bermacam-macam. Salah satunya, sekarang kita jadi kurang percaya satu sama lain. Rasa-rasanya kita harus terus curiga bahwa siapapun bisa menulari kita. Bahkan orang terdekat kita, ketika ia habis dari tempat jauh,…

Semua Yang Berlebihan Itu Tidak Baik Bagi Tubuh!

Kebiasaan meminum kopi pasti menjadi yang paling ditunggu-tunggu bagi para pecinta kopi. Dengan secangkir kopi, obrolan dengan teman nongkrong jadi lebih asik. Dengan secangkir kopi, persahabatan jadi lebih akrab. Dengan secangkir kopi, kerjaan jadi lebih enteng. Tidak heran kalau kopi jadi candu bagi mereka. Setiap hari harus ada itu secangkir kopi di pagi hari. Kalau sedang nonton bola bareng di rumah, kopi wajib ada biar gak ngantuk. Banyak manfaat lain…

Tetap Semangat Menghadapi Masa Yang Tidak Menentu Ini

Masih jelas di ingatan kita awal tahun 2020, dimana saat itu banyak dari kita baru mendengar sebuah nama virus yang disebut Corona. Mungkin sudah ada yang mendengarnya di akhir tahun 2019. Namun saat pastilah kita tidak terlalu memperdulikan karena hal itu baru terjadi di China. Jauh dari negara kita dan saat itu kita juga sedang baik-baik saja. Namun siapa yang menyangkan ternyata lambat laun virus itu sampai juga di negara…

Tips Mengisi Waktu Di Kala Pandemi Dengan Belajar Mengenai Kopi

Pandemi membuat kita dan banyak orang di dunia harus lebih aktif dan kreatif untuk dapat bertahan. Kebijakan Lockdown yang membatasi aktifitas sosial kita juga berdampak pada peluang kita dalam mencari rejeki. Kalau tidak tetap aktif dan kreatif bagaimana kita bisa bertahan. Mungkin sebagian dari kamu ada yang masih tenang-tenang saja. Masih bisa mendapatkan penghasilan dari perusahaan yang menerapkan WFH. Namun itu bukan alasan untuk kamu tidak waspada. Soalnya kita tidak…