Benarkah Membeli Biji Kopi Lebih Baik Dari Membeli Bubuk Kopi?

Ini adalah salah satu pertanyaan yang sering secara diam-diam ada di kepala para penikmat kopi, terutama yang masih pemula banget.

Kalau kamu lihat di sebuah kedai kopi atau marketplace online yang menjual biji kopi, tentu timbul pertanyaan, mengapa kok jual yang masih biji? Bukankah bikin ribet yang beli?

Yap, tidak salah kamu menanyakanya.

Memang seharusnya kita mendapatkan banyak kemudahan di zaman yang serba instan ini. Kopi aja ada yang instan, kok malah beli kopi yang masih berupa biji.

Jawaban mudahnya adalah toko tidak mungkin menjual sesuatu yang tidak laku. Artinya ada sesuatu yang disuguhkan pada biji kopi ketimbang bubuk kopi. Ada nilai tambah di situ yang membuatnya menjadi salah satu pilihan ketika kita ingin membeli kopi.

Ketika kita membeli bubuk kopi, kita mendapat kemudahan melewati satu proses penggilingan yang mana langsung mengarahkan kita pada proses ekstraksi. Sehingga kita tidak perlu memiliki grinder dan mengatur ini itu untuk mendapatkan hasil gilingan yang kita inginkan.

Tapi ini bisa menjadi kelemahan di sisi lain. Ketika kamu membeli kopi dalam bentuk bubuk, besar kemungkinan kopi tersebut sudah terpengaruh oleh lingkungan di sekitar kopi itu digiling. Apalagi jika kopi tersebut tidak disimpan dengan baik. Akan terjadi proses oksidasi yang membuat kopi bereaksi terhadap minyak alami dan kandungan larutan lain sehingga kopi tidak segar lagi. Atau gampangnya kita sebut kopi basi.

Sedangkan kalau kamu kamu membeli masih dalam bentuk biji, kamu bisa menggilingnya saat hendak dibutuhkan saja.

Apakah biji kopi tidak bisa teroksidasi? Bisa juga. Namun lebih mudah memperlambat proses oksidasi dalam bentuk biji ketimbang dalam bentuk bubuk. Apalagi kalau biji kopi itu masih belum di-roasting.

Benarkah membeli biji kopi lebih baik dari membeli bubuk kopi? Jawabanya adalah tergantung kondisi kamu. Kalau kamu tidak berniat menyimpan bubuk kopi itu dalam jangka waktu lama, tinggal kamu simpan dengan baik dan benar saja maka ini akan menjadi pilihan yang cukup bijak.  Simpan dengan baik dan benar di sini maksudnya adalah wadah yang kedap udara dan tidak tembus cahaya. Lalu letakan di suhu ruangan, bukan di lemari es atau tempat terbuka. Maka kamu akan tetap bisa menikmati kopi itu dengan maksimal.

Tapi kalau kamu ingin merasakan yang lebih fresh lagi namun dengan konsekuensi adanya proses penggilingan yang harus kamu lakukan, ya silahkan saja. Banyak kok penggemar kopi yang melakukan ini. Malah dianggap menjadi semacam standar kalau memang penggemar kopi sejati.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *