Minum Kopi Itu Banyak Manfaatnya Kalau ….

Minuman yang hampir di seluruh dunia orang mengetahui dan menikmatinya adalah kopi. Minuman ini mengandung kafein yang banyak digunakan orang sebagai energi tambahan atau sekedar menyegarkan.

Rasanya juga nikmat sehingga orang-orang akan mudah menyukainya. Dengan tambahan susu atau gula saja sudah menjadi minuman yang nikmat. Apalagi dengan berbagai variasi hidangan kopi yang sudah berkembang saat ini, makin nikmat saja kopi jadinya.

Ditambah, kalau kamu mengetahui beberapa fakta unik seputar kopi di bawah ini, mungkin kamu akan memiliki beberapa sudut pandang yang berbeda mengenai kopi. Tidak sekedar enak saja, namun juga berkhasiat untuk tubuh.

Pertama, kopi mampu meningkatkan kesehatan mental. Kafein pada kopi melindungi otak dari gangguan kognitif. Efek positif dari kafein ini mampu mempengaruhi neurotransmiter sehingga dapat meningkatkan daya ingat. Sehingga kita akan lebih terhindari dari kepikunan dan gangguan kognitif lainya kalau rutin minum kopi.

Minum kopi juga dapat mendongkrak performa fisik. Itulah sebabnya banyak pelatih fitnes menyarankan minum kopi sebelum mulai latihan. Selain efek kafein yang menyegarkan otak, kopi juga meningkatkan tingkat adrenalin dalam darah yang membuat otot kita lebih siap menghadapi kerja berat. Sehingga kita akan lebih siap berolahraga dan siap lebih banyak membakar lemak.

Kopi juga dapat membantu membersihkan sistem metabolisme kita. Sifat kopi yang deuretik membuat kita sering buang air kecil setelah meminumnya. Ini juga bisa membantu racun dan kotoran keluar dari dalam tubuh. Jadinya kita tidak mudah sakit dan terbebas dari kontaminasi racun berbahaya.

Secara psikologis pun kita diuntungkan dengan minuman kopi ini. Kita akan lebih bahagia. Makanya juga digunakan oleh beberapa orang untuk mood booster alami.

Namun kopi juga tidak terlepas dari beberapa kekurangan yang dikandungnya. Kafein yang bisa menghalau kantuk dan membangkitkan semangat ini jika dikonsumsi berlebihan bisa menimbulkan efek samping yang cukup berbahaya. Mulai dari yang ringan seperti jantung berdetak, susah tidur, tremor dan dalam dosis yang melebihi batas bisa berakibat kematian.

Lagi-lagi kita dituntut untuk sadar dosis untuk makanan maupun minuman apapun yang kita konsumsi. Makanan atau minuman sebaik apapun akan berbahaya kalau berlebihan.

Sudah ngopi hari ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *