Amankah Ngopi Saat Perut Masih Kosong?

Kopi merupakan minuman yang sangat populer di dunia setelah air putih. Hampir semua orang yang hidup di dunia ini mengenal apa itu minuman kopi. Maka dimanapun kamu berada, hampir dapat dipastikan kamu bisa mendapatkanya. Walaupun mungkin di daerah tertentu harganya sangat mahal oleh karena sulitnya mendapatkan kopi di sana.

Maka bersyukurlah kamu tinggal di Indonesia yang merupakan salah satu surganya kopi di dunia. Di sini kamu tidak akan kesulitan mendapatkan kopi. Bahkan yang berkualitas dunia sekalipun. Juga harganya tetap menjadi harga wajar yang semua orang bisa membelinya kecuali jenis dan kualitas tertentu.

Yang perlu ditekankan di negara kaya kopi seperti di Indonesia ini adalah bukan bagaimana cara mendapatkanya, melainkan bagaimana cara mengonsumsinya dengan benar. Oleh karena tidak menutup kemungkinan kopi juga membawa resiko disamping manfaat yang dikandungnya.

Bagi yang memiliki kondisi tubuh yang sensitif terhadap kafein, minum kopi bisa jadi ‘haram’ untuk dilakukan. Pasalnya mereka yang sensitif terhadap kafein akan mengalami reaksi tubuh tertentu. Biasanya gangguan pencernaan atau jantung berdetak.

Hal ini akan semakin diperparah jika meminum kopi saat perut masih dalam keadaan kosong. Kopi dapat memancing keluarnya asam lambung. Jika dikonsumsi dalam perut keadaan kosong dikhawatirkan akan mengiritasi lambung. Maka untuk yang mengalami kondisi ini sebaiknya dihindari.

Ini juga berlaku sebagai sebab orang asam lambung. Orang yang lambungnya sehat sekalipun kalau sering minum kopi dalam perut keadaan kosong bisa meningkatkan resiko terkena asam lambung. Kecuali kamu sudah terbiasa dan terbukti tidak masalah minum kopi di pagi hari saat belum sarapan sekalipun.

Cirinya mudah saja untuk mengetahui apakah kamu sensitif terhadap kafein pada kopi atau bukan. Rasakanlah sensasi yang terjadi sesaat setelah kamu minum kopi. Perhatikan apakah jantung kamu berdetak lebih kencang, merasa gelisah, atau tiba-tiba ingin buang air besar sesaat setelah minum kopi. Kalau kamu mengalami salah satu gejala di atas, sebaiknya menghindari minum kopi saat perut kosong.

Tapi kalau tidak terjadi apa-apa pada tubuh kamu, ya lanjutkan saja. Kamu adalah salah satu orang yang cukup beruntung tidak sensitif terhadap kafein kopi. Bahkan dalam beberapa kasus ada yang sudah mencapai resisten tertentu sehingga membutuhkan dosis kafein yang lebih tinggi dalam menikmati kopi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *