Nih Waktu Yang Tepat Buat Menikmati Kopi

Kebanyakan orang meminum kopi di pagi hari. Masuk akal sih. Kan kalau habis bangun itu badan masih belum segar. Bahkan terkadang pegel-pegel dan lain sebagainya yang intinya kita itu masih malas untuk bangun.

Untuk itulah biasanya kopi digunakan untuk membuat nuansa bangun di pagi hari itu tidak berat. Membuat badan terasa lebih segera dan membuat hati lebih bersemangat menghadapi rutinitas lagi.

Tapi ada juga yang menggunakan kopi sebagai pelumas saat ngobrol bersama teman-teman. Ini juga masuk akal sebenarnya, karena kafein bisa membuat otak lebih fokus. Sehingga saat ngobrol terhindar dari adegan tidak nyambung yang melelahkan. Hehe

Dilansir dari Healthline, malah kalau kita minum kopi terlalu cepat setelah bangun tidur dapat mengurangi efek energinya karena kadar hormon kortisol sedang meningkat. Kortisol adalah hormon yang dapat meningkatkan kewaspadaan dan fokus kita. ia juga mengatur metabolisme, respons sistem kekebalan, dan tekanan darah.

Sedangkan kandungan kafein pada kopi dapat meningkatkan kadar kortisol tubuh kita. Minum kopi saat kadar kortisol tinggi dapat berdampak negatif terhadap sistem kekebalan tubuh. Maka dari itu disarankan untuk mengonsumsi kopi di pertengahah hingga di akhir pagi, ketika kadar hormon kortisol mulai menurun.

Misalnya kalau kamu terbiasa bangun pukul 06:30, mungkin waktu terbaik buat kamu nikmatin kopi adalah antara pukul 09:30 sampai 11:30.

Nah, kalau kamu punya mesin kopi sendiri di rumah, kamu bisa menyesuaikan dengan mudah jam minum kopi tersebut bukan? Di Santino mesin kopinya keren-keren loh! Ada yang full otomatis hingga yang semi otomatis. Cek ada di website ini ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *