Tips Ngopi Bagi Yang Punya Asam Lambung

 

Minum kopi bagi penderita asam lambung memang harus lebih berhati-hati. Seperti yang kita tahu kopi mengandung asam yang dapat mempengaruhi lambung kita. Bagi yang tidak ada masalah dengan lambung mungkin tidak merasakan apa-apa atau hanya sekedar rasa penuh saja di lambung. Tapi bagi yang asam lambungnya  cukup tinggi, perut bisa terasa perih atau mual.

Maka dari itu kali ini kita akan membahas mengenai cara aman untuk mengonsumsi kopi bagi yang punya keluhan maag, asam lambung, atau GERD sekalipun. 

Pertama kamu bisa memilih biji kopi yang berkadar asam rendah. Biji kopi jenis arabika inilah yang dikenal cukup rendah kadar asamnya.

Atau yang kedua, jika kamu tidak memiliki jenis kopi arabika, kamu bisa memilih profil pemanggangan Dark Roast. Dengan pemandangan yang sangat matang atau Dark Roast maka kadar asamnya akan jauh berkurang. Jika kamu sedang di kafe pastikan pesananmu menggunakan profil Dark Roast.

Untuk lebih mengurangi lagi kadar asamnya, kita masuk ke tips yang ketiga yaitu menambahkan susu. Kopi yang dicampur dengan susu akan mengurangi kadar kafein sekaligus kadar asamnya. Sebaiknya gunakan susu yang rendah kadar lemaknya agar masalah lain tidak perlu terjadi. Kan tidak lucu kalau lambung mau tidak perih tapi harus kegemukan karena kebanyakan minum susu berlemak.

Kita juga pernah mendengar adanya susu kedelai juga susu almond. Ini bisa menjadi alternatif bagi kamu yang pilih-pilih terhadap susu, atau intoleransi terhadap laktosa.

Atau ada satu lagi opsi namanya Cold Brew yang bisa dijadikan pilihan aman untuk penderita asam lambung. Sesuai namanya Cold Brew ini adalah teknik ekstraksi kopi tanpa air panas. Kopi akan direndam dengan air bersuhu normal sekitar 8 jam untuk mengekstraksinya. Teknik ini disebut dapat mengurangi kandungan kafein dan asam pada kopi yang diekstraknya. Hanya saja untuk melakukan ini sendiri kamu membutuhkan kesabaran karena harus menunggu setidaknya 8 jam. Namun kamu jangan khawatir kamu bisa memesannya di kafe karena sudah banyak yang menyediakan. 

Semoga tips ini dapat bermanfaat, dan kamu yang memiliki masalah di lambung dapat tetap menikmati kopi dengan aman. Jangan lupa untuk kebutuhan mesin kopi dan segala hal yang berhubungan dengan kopi hubungi Santino. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *