Tetap Waspada Walaupun Sudah Divaksin

Waspada dan berhati-hati. Itulah kata yang tepat untuk memperingatkan situasi kita saat ini. Kala vaksinasi sudah seperempat jalan, eh! Malah membeludak lagi korban Covid-nya. Belum lagi isu adanya mutasi virus. Haduh! Kalau sudah seperti ini sepertinya kita harus bisa menerima kenyataan bahwa mungkin sampai akhir tahun nanti pandemi ini masih belum tuntas.

Pemerintah sudah berusaha untuk mencegah penyebaranya dengan memberlakukan larangan mudik. Walaupun mendapat pertentangan dari masyarakat yang aturanya berubah-ubah, tapi usaha dari pemerintah untuk menangani permasalahan ini harus tetap kita apresiasi. Jangan sampai seperti India yang ada badai korban Covid yang mengkhawatirkan.

Bagi kamu yang saat ini masih di bangku sekolah sampai kuliah, sepertinya kamu mendapatkan pengalaman yang berharga dimana tidak dialami oleh generasi sebelumnya. Kamu mendapatkan pengalaman belajar dari rumah, kulias online, sekolah online, bahkan wisudha online. Dimana generasi sebelumnya tidak mengalaminya. Walaupun generasi sebelumnya sebenarnya juga sudah mulai kenal dengan sistem tatap muka virtual, namun implementasinya masih belum meluas bahkan masih sedikit yang baru merasakannya.

Di sisi lain, bersyukurlah karena mau tidak mau pandemi ini membuka banyak kesadaran baru di masyarakat. Seperti kesadaran akan pentingnya kebersihan, pentingnya melek teknologi, bahkan pentinya kita menjaga kesehatan dan pola makan. Yang nantinya banyak yang memperkirakan akan adanya normal baru bagi umat manusia di abad ini.

Ya, begitulah zaman. Ia tidak terus berubah. Percuma kita melawan arus perubahan zaman. Beradaptasi adalah hal yang paling bijak. Norma-norma dan nilai-nilai yang baik tentu saja tidak boleh berubah, hanya saja perlu beradaptasi dengan perubahan zaman yang ada.

Kita semua berharap usaha vaksinasi ini bisa dilakukan dengan cepat dan mencapai hasil yang diinginkan. Maka dari itu perlu disadari bersama bahwa vaksinasi ini adalah usaha untuk memperkecil kemungkinan kita tertulas virus Covid 19. Tidak ada jaminan kita pasti aman setelahnya. Maka dari itu tetap dibutuhkan usaha dari kita untuk menjaga diri dengan baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *