Tanpa Alat Kopi? Cobain Cara Ini Agar Kopimu Gak Kalah

Dahulu kala kita mungkin akan terbiasa menikmati kopi tanpa alat kopi. Namun saat teknologi semakin berkembang, kita bahkan sudah sering meninggalkan kerumitan membuat kopi lewat kopi instan.

Sebelum industri secanggih dan seramai sekarang, pendahulu kita telah menikmati kopi tanpa sentuhan teknologi. Secangkir kopi sudah ada jauh sebelum kita mencicip modernisasi dan segala sesuatu yang fancy. Pada masanya kopi diracik beradasarkan kemampuan dan kecanggihan di zamannya. Meski terbatas, kopi tetap enak dan tetap jadi ‘ruang temu’ yang seru.

Di era sekarang jika kamu ingin membuat kopi di rumah namun terbentur alat kopi maka jangan khawatir, kamu tetap bisa menghadirkan secangkir kopi yang bisa dinikmati.

Resep Es Kopi Susu Sederhana

Untuk membuat kopi susu kamu cukup membuat cold brew terlebih dahulu. Beli bubuk kopi lalu ambil wadah dengan penutup. Alangkah lebih baik jika wadahnya kedap udara. Lalu tuang 50 ml bubuk kopi dan seduh dengan air suhu ruang 500 ml atau kurang jika suka lebih pekat. Diamkan selama 9-12 jam di dalam lemari es. Jadilah base kopi susumu.

Sebelum diracik menjadi kopi susu, kamu harus menyaring cold brew tadi terlebih dahulu agar rasanya smooth. Kemudian tambahkan susu, boleh kental manis boleh susu segar. Sesuai selera saja. Kemudian tambahkan gula aren dan es. Es kopi susu rumahan dibuat tanpa alat kopi siap dinikmati!

Kopi Hitam

Kopi tubruk adalah kopi paling gampang diracik dan kenikmatannya tak lekang oleh zaman. Cukup siapkan cangkir dan bubuk kopi. Untuk hasil seru tanpa ampas disarankan bubuknya digiling medium saja. Air mendidih didiamkan terlebih dahulu 4 menit untuk hasil maksimal. Lalu campurkan kopi dan air di cangkir. Kemudian aduk rata. Diamkan lagi 4 menit agar ampasnya turun sempurna. Kopi hitammu siap dinikmati.

Cappuccino Darurat

Cukup panaskan susu full cream. Lalu tuang ke dalam mason jar atau toples dengan penutup yang erat. Kocok hingga berbusa. Lalu tuang ke dalam kopi hitam yang telah kamu saring. Pastikan kopinya pekat agar rasanya nikmat. Cappuccino darurat siap dinikmati.

Dan semoga suatu hari ada rezeki sehingga kamu bisa membeli alat kopi dari Santino yang lebih lengkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *