Mari Mengenal Cita Rasa Kopi, Pasti Kamu Bakal Semakin Ketagihan

Yang namanya kopi itu memang minuman yang tidak ada habisnya untuk dibahas. Dari seluruh dunia, minuman kopi sudah dikenal lama sebagai minuman untuk menghilangkan rasa kantuk. Namun seiring perkembangan zaman, kini bermunculan berbagai varian kopi yang semakin memanjakan para penikmat kopi.

Bahkan sudah jadi hal yang wajar kompetisi para peracik kopi untuk merebutkan gelar juara peracik kopi terbaik. Tahukah kamu apa saja yang menjadi pertimbangan penilaianya?

Pertama adalah aroma. Mungkin kamu belum sadar bahwa aroma bubuk kopi ketika masih kering dengan bubuk kopi yang sudah disedu memiliki perbedaan aroma. Hal inilah yang menjadi salah satu penilaian dalam ajang perlombaan. Jadi kebayangkan betapa detilnya penilainya?

Kedua disebut flavour. Ini adalah kombinasi antara aroma, acidity dan after taste. Jadi kebayang gimana kopi dinilai mulai dari aroamanya, keasamanya, bahkan berapa lama rasa kopi dapat bertahan di dalam mulut kita. Begitu kompleksnya sehingga jika tidak memiliki pengetahuan yang cukup jangan harap akan menang.

Sampai di mulut saja tidak cukup. Masih ada komponen penilaian lainya lagi mulai dari kebersihan sampai reaksi di dalam tubuh setelah meminumnya. Cukup membingungkan bukan untuk menjadi peracik kopi yang handal? Namun jika passion kamu memang di bidang lain tapi sangat menyukai rasa kopi yang nikmat, kamu bisa kok mempercayakan racikan kopi pada Barista yang sudah direkrut oleh kafe-kafe ternama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *