Manfaatkan Jam Istirahat Kamu Dengan Maksimal Untuk Kinerja Maksimal

Setiap orang memiliki keterbatasan dalam beraktifitas. Baik itu bekerja atau bermain, pasti ada titik dimana orang akan merasa lelah atau jenuh.

Begitupun dengan otak kita. Semakin lama digunakan untuk berpikir, maka ia akan berada di titik kelelahan. Tandanya bisa bermacam-macam, sulit mengingat sesuatu, susah berkonsentrasi, mood jadi kurang baik, mudah marah, susah tidur dan lain sebagainya.

Biasanya kelelahan otak ini disebabkan karena kita terus memaksa otak kita untuk bekerja. Bagi anda yang bekerja dengan lebih banyak mikir, hal ini berpotensi lebih besar. Apalagi jika sudah dikejar deadline dan pekerjaan menumpuk banyak, tidak jarang mereka akan terus memaksa otak mereka untuk terus bekerja.

Kita bisa saja memaksa otak kita untuk terus terjaga, dengan kafein misalnya. Namun jika terus-terusan otak akan kehilangan potensi terbaiknya akibat kelelahan.

Apa yang sebaiknya kita lakukan?

Beristirahat.

Mengistirahatkan otak ternyata malah membuat ingatan lebih tajam. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa selama seseorang tertidur, sinapsis atau titik temu yang menghubungkan antar-sel saraf satu dan lainnya akan ikut “istirahat” hingga berangsur-angsur semakin rileks. Hal ini yang kemudian akan mempertahankan fungsi kognitif dan neuroplastisitas otak, yakni kemampuan sel saraf di otak untuk beradaptasi dengan baik sesuai keadaan.

Sebaliknya, kurang tidur membuat sinapsis semakin kaku sehingga mengurangi fungsi kognitif.

Untuk mengistirahatkan otak lebih maksimal memang dengan tidur. Namun jika kelelahan otak itu terjadi di sela-sela pekerjaan, di kantor misalnya, maka harus dicari cara lain untuk mengistirahatkan otak kita.

Jika kamu punya jam istirahat 1 jam di waktu siang, gunakan 30 menitnya untuk tidur. Tidur siang selama 5 menit sudah sangat cukup untuk merefresh otak kita sebenarnya. Hanya saja untuk tertidur kan kita butuh sekitar 5 sampai 10 menit. Tergantung suasana dan bagaimana kebiasaan orang dalam memulai tidur. Ada yang untuk memulai tidur memerlukan waktu lebih lama, ada juga yang sangat singkat bisa langsung tertidur.

Usahakan tidur siang tidak lebih dari 10 menit. Tidur mikro ini akan lebih signifikan manfaatnya kalau tidak terlalu lama. Alih-alih lebih segar, tidur siang yang terlalu lama malah akan membuat semakin lemas.

Kalau di tempat kerja kamu tidak memungkinkan untuk tidur siang, setidaknya jauhi pekerjaan atau hal-hal yang membuatmu berpikir keras. Minumlah kopi dan jauhkan untuk sesaat gadget dan komputer. Tarik nafas di setiap sesapanya. Nikmati perlahan dan lupakan semua beban untuk sejenak.

Setelah semua beban itu tidak ada di otak untuk sesaat, otak akan dibanjiri kafein yang membuatnya lebih kuat untuk mengangkat beban itu lagi. Semangat!

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *