Manfaat Minum Kopi Pada Hati Kamu

Betapa enaknya kalau setiap abis bangun pagi kita disuguhi secangkir kopi. Tidak hanya enak, tubuh pun akan terasa lebih segar. Lebih semangat untuk bangun dan memulai rutinitas.

Kopi juga secara ajaib membuat suasana hati kita lebih baik. Beda dong rasanya antara minum kopi dengan yang enggak ketika bangun. Terutama bagi pemula yang baru aja cobain kopi. Dampak dari booster alami ini akan lebih terasa.

Kopi dan semangat pagi adalah perpaduan yang ngena banget bagi pencintanya.

Apalagi itu adalah buatan dari orang yang telah merebut hati kamu. Tentunya urusan hati ini akan lebih menambah nikmat urusan kopi ini.

Tapi tidak sebatas itu. Untuk urusan hati ini bisa lebih serius jatuhnya. Yang beneran hati. Organ kita.

Menurut penelitian, peminum kopi memiliki 21% penurunan risiko penyakit hati kronis dan 20% lebih rendah risiko penyakit hati berlemak. Ini berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan berjudul “All coffee types decrease the risk of adverse clinical outcomes in chronic liver disease: a UK Biobank study”.

Nah, untuk urusan hati ini ternyata kopi cukup serius. Dia memberi harapan yang cukup nyata bagi kesehatan hati kita. Selain dari manfaat bikin meleknya itu yang kita harapkan.

Penelitian di atas juga diperkuat oleh penelitian lain yang menyebutkan kalau minum kopi dapat membantu mengimbangi kerusakan hati yang disebabkan oleh konsumsi berlebihan makanan dan alkohol tertentu. Ini dapat kamu temukan dalam penelitian pada tahun 2016 yang berjudul “Systematic review with meta-analysis: coffee consumption and the risk of cirrhosis”.

Tentu saja semua manfaat tadi patuh dengan satu syarat yaitu dosis yang tepat. Seenak apapun kopi kamu di rumah, atau di kafe, tetap konsumsi pada dosis yang normal atau aman agar manfaat itu dapat kamu peroleh.

Miliki juga mesin kopi yang bagus agar proses pengambilan sarinya sempurna. Di Santino kamu dapat menemukan mesin kopi yang kualitasnya bagus dan hargan juga masuk akal. Cek aja di website ini dan temukan mesin kopi favorit kamu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *