Kopi Tidak Sekedar Warna Hitam Dan Pahit Saja

Kalau kita kumpulkan semua jenis kopi mungkin akan terlalu banyak untuk kita bisa ingat. Belum lagi nama-nama jenis olahanya, akan memakan banyak waktu untuk kita bisa mengingatnya.

Begitu beragam olahan kopi yang ada di dunia. Setiap negara memiliki budaya sendiri-sendiri dalam mengolah kopi. Tapi setidaknya kalau kamu masih awam dalam perkopian, tidak perlu menghafal semua itu. Ada beberapa hal mendasar yang bisa kamu pelajari mengenai kopi sebagai orang awam di dunia kopi.

Arabika Atau Robusta

Kedua jenis kopi ini adalah yang paling terkenal di antara lainya. Tentu kamu pernah mendengarnya. Cukup mengetahui kedua jenis kopi ini saja kita sudah akan mendapatkan dasar yang baik dalam dunia kopi.

Kopi Arabika memiliki kadar kafein yang lebih rendah ketimbang Robusta. Tentu saja hal ini juga tergantung pengolahan. Jika pengolahanya sama maka akan didapati kopi Robusta akan lebih unggul dalam kadar kafein. Namun dari segi harga justru Kopi Arabika justru lebih mahal dari Robusta.

Kopi Tidak Hanya Hitam Dan Pahit

Hitam dan pahit sudah melekat erat pada kopi. Namun perkembangan pengolahan kopi membuat kita bisa mendapatkan sensasi yang berbeda dari kopi. Ada pengolahan kopi yang tidak melulu hitam dan pahit.

Mengenal Istilah After Taste

After taste adalah flavour atau rasa yang tertinggal di mulut pada saat meneguk kopi. Setiap olahan kopi memiliki after taste yang bebeda dirasakan di lidah. Ada kopi yang after taste-nya nutty, cocoa atau justru karamel. Ada juga yang after taste-nya jeruk atau bisa juga stroberi. Kenapa bisa demikian? Itu tergantung kontur tanah dan di mana kopi itu berasal dan di mana kopi itu ditanam. Kopi adalah tanaman unik yang ternyata juga bisa menyerap ‘rasa’ dari tanaman yang ada di dekatnya. Keunikannya ini menjadikan kopi istimewa. Kini banyak para ahli kopi yang mencari kopi-kopi unik di seluruh dunia untuk menemukan after taste-nya.

Kopi Memiliki Proses Yang Panjang

Seperti halnya komoditas lain, kopi memiliki proses yang panjang mulai dari petani hingga ada di cangkirmu. Inilah yang membuat beberapa pecinta kopi menikmati kopi bukan sekedar secangkir minuman. Tapi ada cita rasa lain diluar material kopi itu sendiri. Semacam kepuasan atas proses yang tidak mudah.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *