Kopi Bahaya Buat Penderita Penyakit Jantung?

Ada fakta menarik yang mungkin mengagetkan bagi sebagian orang mengenai kopi. Ini ada kaitanya dengan kesehatan jantung kita. Menurut temuan terbaru, jurnal American Heart Association pada 9 Februari, satu cangkir kopi sehari dapat mengurangi risiko gagal jantung.

Padahal pemahaman yang beredar kopi memiliki kaitan dengan tekanan darah seseorang yang akan naik setelah meminumnya. Sehingga ini akan membahayakan bagi yang memiliki penyakit jantung. Lalu mereka yang memiliki penyakit jantung tidak disarankan meminum kopi.

Padahal tidak demikian. Jika kopi yang diminum semakin banyak, risiko gagal jantung menjadi semakin rendah.

Para peneliti meninjau data dari tiga penelitian, termasuk 21.000 peserta dewasa selama 10 tahun. Data dari dua studi menunjukkan, setiap cangkir kopi berkafein yang diminum peserta dalam satu hari dikaitkan dengan risiko gagal jantung 5-12 persen lebih rendah, dibandingkan peserta yang tidak minum kopi. Sedangkan studi ketiga menemukan, risiko gagal jantung 30 persen lebih rendah pada peserta yang minum dua cangkir kopi sehari.

Ada juga dari studi tersebut bahwa kafein pada kopi memegang peranan penting terhadap kesehatan jantung. Kopi tanpa kafein tidak memiliki manfaat yang sama. Kita akan mendapatkan manfaat kopi untuk kesehatan jantung ketika kopi itu mengandung kafein yang cukup.

Kafein sendiri memiliki beberapa efek samping pada tubuh kita. Salah satu yang paling kita kenal adalah  kota kita terasa lebih segar dan lebih fokus. Namun dalam dosis yang berlebihan mungkin ini bisa menyebabkan jantung berdebar-debar dan tekanan darah tinggi. Namun bukan berarti itu berakibat buruk pada jantung kita. Salah satu penelitian mengaitkan kopi non-kafein dengan risiko gagal jantung yang lebih tinggi.

Dari sini kita bisa melihat bahwa kesalahpahaman kebanyakan orang terletak pada pemahaman dampak kafein pada kopi terhadap jantung. Yang umumnya Kafein pada kopi ini dianggap berdampak buruk pada jantung, justru malah sebaliknya.

Namun di sisi lain, kita tidak bisa memungkiri bahwa ada potensi bawa kopi bisa berakibat buruk pada jantung kita. Seperti yang disebutkan tadi bahwa kopi yang tidak mengandung kafein justru lebih berbahaya untuk jantung kita.

Para peneliti juga cukup bijak dalam menyarankan sesuatu yang berkaitan dengan penelitian ini. mereka yang belum terbiasa ngopi dan memiliki riwayat penyakit jantung tidak serta-merta disarankan untuk mulai  mengonsumsi kopi secara rutin. Namun lebih kepada hal lain seperti berolahraga, menjaga berat badan, tidak merokok, tidak begadan dan lain sebagainya, yang pada dasarnya semua itu baik untuk kesehatan tubuh kita secara umum.

Informasi ini bertujuan untuk anda yang sudah terlanjur rutin meminum kopi dan merasa sulit untuk meninggalkannya. Bahwa anda tidak perlu khawatir dengan efek samping kopi yang tidak bagus untuk kesehatan jantung. Itu merupakan kesalahpahaman yang umum terjadi.

Tetap ngopi pada dosis yang aman, tidak berlebihan dan dengan penggunaan gula yang tidak terlalu banyak. Maka manfaat optimal dari kopi akan anda dapatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *