Kerja Di Rumah Kadang Lebih Susah Fokus, Kenapa Ya?

Beberapa dari kita masih harus tunduk pada aturan PPKM. Mau tidak mau kita harus melakukan sesuatu lebih banyak di rumah. Termasuk bekerja juga dari rumah.

Lalu muncul lagi nih masalah. Beberapa orang yang sudah melakukan WFH mengeluh bahwa bekerja dari rumah itu tidak semudah yang dibayangkan.

Ada saja hal yang mengganggu sehingga kalau dihitung-hitung malah lebih produktif kalau dikerjakan di tempat kerja.

Berapa distraksi itu salah satunya adalah datang dari diri kita sendiri. Justeru karena ketika kerja di rumah kita tidak diawasi, itu menuntut kita memiliki self control yang baik. Ini bisa menjadi semacam culture shock bagi mereka yang terbiasa didisiplinkan di tempat kerja.

Bayangkan kamu bekerja di sebuah perusahaan yang melarang kamu untuk main gadget saat jam kerja, tiba-tiba kamu disuruh bekerja di rumah yang mana tidak ada lagi yang mengawasi. Ini bisa menjadi semacam moment balas dendam untuk menyalurkan hasrat yang selama ini terpendam.

Padahal kalau kamu pikir-pikir lagi, perusahaan tempat kamu bekerja itu menerapkan aturan seperti itu agar kamu dapat lebih fokus dan produktif. Sehingga pekerjaan cepat selesai dan kamu terhindar dari distraksi yang tidak perlu.

Hasilnya, setelah kamu sekarang bisa WFH dan bisa main HP sepuasnya, kamu tentu akan mengalami kendala dalam menyelesaikan pekerjaan. Ini tentu harus bisa menjadi concern kamu untuk dapat bekerja dari rumah yang tidak kalah produtif dengan bekerja di kantor.

Lalu ada lagi faktor dari luar, salah satunya adalah fasilitas di dalam rumah. Biasanya saat kita bekerja di kantor, kita akan lebih mudah mendapatkan fasilitas untuk kita kerja. Hal itu karena kantor memang tempatnya orang kerja.

Beda dengan di rumah. Rumah pada umumnya didesain untuk orang bisa istirahat dengan tenang setelah bekerja di luar. Untuk itu sangat wajar kalau beberapa fasilitas yang seharusnya kita dapatkan di tempat kerja tidak kita temui di rumah.

Ini bisa menjadi godaan untuk seseorang kehilangan produktifitasnya. Untuk hal ini kamu harus bisa menyelesaikanya dengan kreatifitas kamu. Kamu harus bisa menyelesaikanya sendiri. Ingat, di samping rumah memang kurang ideal untuk tempat kerja, tapi rumah juga memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh tempat kerja kamu.

Jangan lupa ngopi untuk menjaga mood kerja kamu tetap optimal!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *