Introspeksi Diri Ditemani Kopi, Sebuah Ide Yang Bagus

Kesendirian seringnya dipandang sebegai suatu yang menyedihkan. Padahal setiap manusia perlu saat-saat untuk sendiri. Walaupun kadarnya harus pas sesuai kebutuhan. Terlalu sering sendiri juga akan membahayakan seseorang.

Kesendirian sering dipandang sebagai semua kemurungan, kesedihan, duka. Padahal menikmati momen dalam kesendirian itu termasuk ‘me time’ yang sangat disarankan. Ada banyak penelitian dan jurnal yang mengupas tuntas betapa pentingnya waktu berjeda ini. Manfaat me time ini sangat banyak antara lain untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan memahami orang lain. Lalu meningkatkan pemahaman terhadap diri sendiri dan meningkatkan kecerdasan intelektual serta emosional.

Oleh karena itu, tak apa jika kamu ingin menikmati waktu-waktu sendiri di kedai kopi tanpa melakukan kegiatan lain. Jika selama ini hanya kerja saja di kedai kopi, kali ini berbeda. Untuk yang masih canggung tapi ingin turut serta melakukan kegiatan ini, berikut tips sederhana untuk memulainya.

Disarankan di pagi hari karena biasanya kedai kopi masih tenang dan tamu belum ramai. Pilih juga kedai kopi yang konsep terbuka dengan cahaya matahari yang berlimpah agar nyaman dan segar. Ini akan membantu kamu lebih rileks dan damai saat sendiri. Disarankan tidak ke kedai kopi yang playlist-nya agak berisik atau sering melakukan live music kecuali kamu memang suka. Suasana tenang dan nyaman membantu kamu untuk lebih santai dan tidak gugup meski sendiri di sana.

Journaling salah satu kegiatan paling disarankan jika kamu ingin menikmati waktu santai. Seperti yang kami lansir dari University of Rochester Medical Centre, journaling mampu mengurangi kecemasan, mengelola stres, meningkatkan skill komunikasi dan banyak lagi. Bawa jurnalmu dan mulai journaling sambil menikmati kopi kesukaan di kedai kopi favorit. Dijamin menikmati kopi sendiri seperti ini mampu meningkatkan kedamaian.

Ngopi sendirian ditemani playlist favorit akan membuat kegiatan me time jadi lebih menyenangkan. Jadi akhir pekan ini tak perlu ragu untuk pergi keluar, ngopi dan berkencan sejenak dengan diri sendiri, musik dan tentunya kopi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *