Ibu Hamil Boleh Nggak Minum Kopi?

Masa kehamilan adalah masa yang kita harus sangat hati-hati dalam mengkonsumsi suatu. Bahkan banyak sekali mitos-mitos makanan tertentu yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Maka tidak heran jika anda melihat teman kamu yang tiba-tiba berhenti ngopi karena alasan sedang hamil.

Pertanyaannya adalah Apakah benar Bawa kopi cukup berbahaya bagi ibu hamil?

Ada sebuah penelitian di Norwegia namanya Norwegian Mother and Child Cohort Study, Mereka menyatakan bahwa ibu hamil sebaiknya mengurangi makanan atau minuman tertentu yang mengandung kafein. Maka coklat, minuman bersoda, teh, dan Apapun saja yang mengandung kafein, tidak melulu soal kopi, disarankan untuk dihindari oleh ibu hamil.

Namun yang perlu diingat adalah bahwa mereka menyatakan harus membatasi mengonsumsi segala sesuatu yang memiliki kandungan kafein di dalamnya. Jadi, artinya ibu hamil masih tetap diperbolehkan meminum kopi asal kandungannya tidak terlalu banyak.

Untuk ukuran dosis kafein yang diperbolehkan, maksimal 200 mg kopi per hari. Ini adalah batas aman agar kandungan Kafein pada kopi tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan pada kandungan ibu hamil.

Apa resiko dari kelebihan konsumsi kafein ketika hamil?

Menurut mereka adalah adanya resiko untuk melahirkan bayi yang memiliki berat badan dibawah normal. kira-kira 21 gram sampai 28 gram kemungkinan berkurangnya. Atau efek lainnya adalah kelahiran bayi yang sedikit terlambat dari biasanya.

Untuk itu konsumsilah kopi pada dosis yang tepat dan pada saat yang tepat untuk mendapatkan kenikmatan kopi yang sesungguhnya. Apalagi untuk kondisi ibu hamil yang mana harusĀ  memprioritaskan kondisi janin yang dikandungnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *