Hadapi Dengan Senyuman Mereka Yang Merendahkanmu

Hidup menuntut kita untuk terus berjuang dari waktu ke waktu. Tanpa ampun dan tanpa memberi kita jeda. Setiap detiknya kita harus berjuang. Bahkan kalau pun itu kita sedang istirahat.

Untuk apa yang kita sebut istirahat saja kita harus berjuang terlebih dahulu. Bagi kamu yang kerja kantoran tentu merasakan betul betapa berharganya hari Minggu. Atau bahkan kamu yang sedang nganggur pun harus berjuan untuk bisa istirahat karena pada umumnya mereka yang nganggur mudah terserang depresi dan sulit tidur.

Jadi, satu-satunya jalan yang dapat kita lakukan adalah membiasakan diri untuk terus berjuang. Mau tidak mau harus terus berupaya. Seperti kata Einstein soal naik sepeda agar tidak jatuh kita harus terus mengayuhnya.

Sesekali kita merasa lelah dan ingin beristirahat. Istirahatlah. Sesap kopi favoritmu. Namun ingat, bukan berarti perjuangan sudah berakhir. Ini hanya untuk mengumpulkan tenaga agar bisa kembali berjuang lagi dan lagi.

Hidup adalah perjuangan. Begitu mereka bilang.

Memang benar adanya.  Mana di dunia ini yang tidak berjuang. Apalagi sekarang sedang dilanda pandemi. Perjuangan manusia lebih besar lagi. Untuk menyelamatkan diri sendiri dan kalau perlu menyelamatkan populasi manusia.

Tidak menuntut kemungkinan juga pandemi ini adalah akibat dari perjuangan manusia yang entah siap dan dimana. Mana kita tahu? Belum tentu benar, tapi juga belum tentu salah. Selalu ada kemungkinan di kehidupan yang luas dan kompleks ini.

Untuk itu, kalau ada dari mereka mencoba merendahkanmu, meremehkan perjuanganmu, jangan kasih ampun mereka. Tunjukan kamu tidak mudah tumbang hanya dengan mulut pedas mereka. Tunjukan kamu tidak mudah teralihkan perhatianya hanya pada segelintir orang yang mengetes mentalmu.

Kamu adalah pejuang yang akan membuktikan bahwa potensi terbesarmu sedang dalam proses untuk diungkap.

Tidak mudah untuk mengungkap tabir yang menutupi potensi terbesarmu. Tapi berkacalah pada mereka yang sudah melewatinya dengan keringat bahkan darah. Bacalah biografi para tokoh terkenal itu. tidak satupun dari mereka yang mendapatkan kebesaran namanya dengan mudah. Jadi kalau kamu berharap mendapatkan semua impianmu jatuh dari langit begitu saja, lupakan dan segera bangun dari mimpi di siang bolongmu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *