Benarkah Kopi Bisa Membantu Usaha Dietmu?

Kalau kamu memiliki masalah dengan berat badan, terutama jika kamu termasuk ke dalam kategori kelebihan berat badan, maka tentunya kamu butuh diet untuk mengurangi berat badan.

Untuk bisa mengurangi berat badan banyak cara yang bisa digunakan. Namun intinya adalah gimana kita bisa mengurangi asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita. Bisa itu dengan puasa, menghindari asupan kalori, hingga menghambat penyerapan kalori.

Kopi, seperti yang kita tahu bahwa dia dikenal mengandung kafein, ternyata juga cukup dikenal dalam dunia per-diet-an. Ia dioercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Benarkah seperti itu? Mari kita bahas.

Dikutip dari situs cleaneatingmag.com kita akan mendapat fakta menarik bahwa orang Amerika Serikat ternyata mengonsumsi kafein saat diet dengan jumlah 2 sampai tiga cangkir sehari. Dan menurut penelitian dari The University of Scranton yang dipimpin oleh Joe Vinson, PhD, orang di Amerika Serikat menerima lebih banyak antioksidan dari minuman kopi ketimbang sumber makanan dan minuman lainnya.

Penelitian juga menunjukkan bahwa minum kopi dapat meningkatkan kinerja fisik 11% hingga 12%. Ini akan berguna untuk mereka yang sedang mengurangi asupan kalori. Dengan program diet yang mengurangi asupan kalori maka efek sampingnya tubuh akan terasa lebih lemas dari biasanya. Hal ini karena asupan kalori yang diterima tubuh tiba-tiba berkurang. Kopi berfungsi untuk menjaga tubuh kita tetap terasa tidak lemas dalam kondisi tersebut.

Selain itu juga kopi dapat membantu membakar lemak. Walaupun tidak secara signifikan, namun kalau ini diiringi dengan kegiatan membakar lemak lain seperti olah raga, maka hasilnya akan cukup signifikan.

Juga kopi mampu meningkatkan laju metabolisme 3% hingga 11%. Itulah kenapa para profesional di bidang diet menurunkan berat badan selalu memasukan kopi ke dalam menu makanan yang disarankan. Tidak masalah mau diminum pagi, siang atau sore. Asalkan disesuaikan dengan kondisi yang terbaik. Tidak masalah juga jenis kopi apa yang sebaiknya diminum, asalkan tidak dicampur dengan bahan yang banyak kalorinya. Juga pastikan kopi itu adalah kopi asli dan alami, bukan kopi instan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *