Menikmati Kopi Tubruk


Membaca tulisan tubruk saja kita sudah terbayang bubuk kopi dan air panas di tuang di cangkir kesayangan kita di kopi terendam air panas dan sudah bisa di nikmati, sederhana! mungkin hanya perlu  5 menit membuatnya.

Sedikit Tentang Kopi Tubruk

Kopi tubruk adalah cara membuat kopi yang paling awam. Hampir di segala tempat kita bisa melihat orang orang menyajikan kopi tubruk bisa di rumah, kantor,dan di warung warung kopi.

Di desa para petani sering membawa bekal bubuk kopi dan gula dan air panas untuk membuat kopi di ladang dalam acara umum seperti pertemuan juga sering disajikan kopi tubruk.

Namun banyak juga di kedai kopi kopi tubruk sering di sajikan tanpa gula penikmat kopi tanpa gula ini biasanya ingin lebih menikmati ciri khas masing masing kopi yang kita nikmati.

Yang Harus Di Perhatikan Saat Akan Membuat Kopi Tubruk

Membuat kopi tubruk memang terlihat sederhana ya tapi ada hal yang harus di perhatikan juga kalau kita akan membuat kopi tubruk terbaik:

Air

Siapkan air mineral panas kita bisa merebusnya sampai mendidih, kita pakai air mineral karena air mineral bisa membuat kopi lebih keluar karakternya, atau bisa juga pakai air bisa namun pastikan air nya tidak berasa dan berbau.

Kopi Yang Akan Diseduh

Kopi menjadi bagian terpenting dalam pembuatan kopi tubruk, untuk mendapatkan kopi yang nikmat yang harus kita perhatikan adalah kwalitas kopi yang akan kita seduh. Kopi yang sangat pas untuk di seduh adalah kopi yang baru saja digiling akan lebih baik lagi kita giling kopi yang masih segar atau baru saja di roasting (sangrai). Jangan gunakan kopi sangrai yang sudah disimpan lebih dari 2 bulan.

Oleh karena itu kita sebagai pecinta kopi sebaiknya punya alat penggiling kopi sendiri di rumah dengan cara ini seduhan kopi kita akan lebih segar mengeluarkan aroma terbaik dan juga karakter kopi bisa lebih keluar. Untuk mendapatkan alat pengolah kopi yang lengkap kita bisa membelinya di http://santinocoffee.co.id.

Alat Seduh

Alat seduh yang akan kita gunakan harus kita pastikan bersih, untuk membuat kopi tubruk alat yang kita perlukan adalah panci yntuk merebus air, teko untuk menuangkan air panas dan pengaduk jika di perlukan.

Waktu Seduh

Agar seduhan kita menjadi seduhan terbaik bair rasa dan aromanya kita harus memastikan waktunya tepat. Untuk kopi tubruk waktu yang paling tepat adalah kira-kira 4menit.

Sebagai langkah awal sebaiknya kita membasahi kopi selama 30 detik. Hal ini dilakukan untuk memanaskan bubuk kopi (pre-heating). Selain itu, dilakukan untuk mengeluarkan gas yang terkandung di dalam bubuk kopi.

Dapatkan juga  kopi dan alat pembuat kopi yang berkwalitas di http://santinocoffee.co.id ada banyak jenis kopi yang bisa kita dapatkan disana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *