Kenali Dirimu Untuk Masa Depan Yang Lebih Baik


Setiap orang pasti menginginkan kesuksesan pada hidupnya. Pun demikian bagi mereka yang sudah meraih pencapaian dalam hidupnya. Terkadang satu kesuksesan saja tidak cukup. Setelah tercapai satu tujuan, akan ada lagi tujuan yang menarik untuk diperjuangkan. Itulah hidup.

Masalahnya adalah, mengapa tidak semua orang dapat meraih apa itu yang disebut kesuksesan? Terus terletak dimana perbedaanya? Mengapa kalau sama-sama berjuang, yang satu bisa berhasil dan yang satu tidak? Mungkin ini penjelasanya.

Pertama adalah kenali diri kamu sendiri terlebih dahulu. Banyak orang merasa sudah mengenali dirinya sendiri padahal belum. Untuk mengenali diri sendiri ini jangan dianggap remeh. Terkadang malah lebih sulit ketimbang mengenali diri orang lain. Kalau kamu dapat mengenali diri kamu sendiri maka kamu akan dapat memaksimalkan potensi yang ada pada diri kamu.

Identifikasi diri kamu dengan baik, misalnya kenali minat dan Bakat, Usia dan Tingkat pendidikan, serta pengalaman-pengalaman apa yang sudah kamu miliki dengan baik. Dengan identifikasi diri dengan baik, maka kamu akan mudah untuk menetapkan dan mencapai target yang kamu inginkan. Misalnya bagi kamu yang sedang duduk di bangku perkuliahan, maka di masa ini adalah masa yang sangat tepat untuk kamu mempersiapkan diri untuk masa depan kamu.

Apalagi kalau kamu juga dapat mengenali minat dan bakat apa yang kamu miliki. Minat dan bakat sering diabaikan oleh sebagian besar orang padahal hal tersebut merupakan hal yang sangat penting. Kalau kamu lihat biografi orang-orang yang sukses di bidangnya, kamu akan menemukan bahwa mereka memang mencintai apa yang mereka kerjakan. Itu artinya mereka memang memiliki minat yang tinggi terhadap suatu hal yang sedang mereka kerjakan.

Misalnya kamu adalah seorang penyuka kopi. Cari tahu perihal kopi hingga ke akar-akarnya. Jadilah ahli di bidang itu. Mana biji kopi yang baik, mana mesin kopi yang baik dan lain sebagainya kamu harus benar-benar menguasainya. Sehingga mungkin saja kamu dapat mengikuti jejak mereka para pebisnis kopi yang sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *