Ingin Membuat Kopi Frappucino Ala Cafe Yang Nikmat? Beginilah Caranya!

Budaya ngopi saat ini memang sudah menjadi salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh masyarakat banyak, salah satunya adalah kaum milenial. Berkumpul bersama teman sambil ngopi di café, sambil menikmati suasana café, minum kopi akan semakin nikmat.

Selain espresso, salah satu minuman kopi yang paling sering dipesan di café-café adalah Frappucino. Ya, espresso yang dicampur dengan susu dan whip cream ini memang mempunyai rasa yang nikmat. Rasa manis yang dihasilkan susu dan tekstur lembut dari whip cream membuat rasa pahit pada espresso menjadi netral serta tekstur kopi menjadi smooth, tanpa mengurangi rasa dan aroma asli yang dihasilkan espresso.

Membeli kopi Frappuccino di café-café memang cukup mahal. Harganya saja sekarang sudah mencapai 50 ribuan. Bayangkan jika setiap hari anda meminum kopi ini. Uang yang keluar saja sudah mencapai 1,5 juta. Pengeluaran yang cukup fantastis. Itu pun  jika anda hanya membeli 1 Frappucino setiap hari. Jika 2? Akan semakin besarlah biaya yang harus anda keluarkan.

Daripada harus mengeluarkan biaya sebesar itu untuk membuat Frappucino favorit anda, lebih baik bukan jika and membuat sendiri Frappucino racikan anda sendiri. Rasanya akan lebih nikmat dan tentu saja, lebih sehat. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Simak info berikut ini.

Alat Membuat Kopi

Coffee maker atau mesin kopi.

Gelas sebagai wadah untuk menaruh hasil espresso dan Frappucino.

Blender untuk mencampurkan kopi dengan bahan lainnya.

Bahan Yang Digunakan

2 hingga 4 sendok makan biji kopi atau 125 ml bubuk kopi. Gunakan biji atau bubuk kopi yang masih berkualitas baik agar rasa dan aroma yang dihasilkan kopi lebih kuat dan dominan dibandingkan rasa susu atau tambahan bahan lainnya.

125 ml susu cair. Anda dapat menggunakan yang low fat atau pun yang full fat. Namun, jika anda ingin rasa kopi lebih fresh dan nikmat, sebaiknya gunakan susu full fat.

2 sendok makan gula pasir.

2 sendok makan sirup mocca. Jika tidak ada, anda dapat menggunakan sirup lain sebagai alternatifnya, seperti sirup caramel, coklat dan vanilla.

Es batu. Anda dapat menggunakan jumlah es batu sesuai selera.

Whip Cream.

Susu kental manis sebagai hiasan. Anda juga dapat menambahkan beberapa bahan seperti meses, sirup perasa, atau pun biskuit yang telah dihancurkan sebagai topping hiasannya.

Rasa Frappucino sangat beragam. Anda dapat menambahkan beberapa bahan seperti stroberi cair dan bubuk green tea sebagai bahan dasar rasa Frappuccino.

Cara Membuat Frappuccino

Jika anda menggunakan biji kopi, masukkan biji kopi ke dalam mesin kopi untuk digiling terlebih dahulu. Giling hingga halus. Kemudian, ekstrak kopi hingga menjadi sebuah espresso yang nikmat dan beraroma kuat. Tunggu hingga agak dingin namun jangan terlalu dingin agar semua bahan nantinya bisa dicampur dengan merata.

Setelah dingin, campurkan susu cair, gula pasir, sirup mocca (Atau rasa lainnya), dan stroberi atau green tea (Jika anda mau) ke dalam blender. Blender hingga semua bahan tercampur dengan merata.

Masukkan es batu ke dalam blender. Mengapa tidak dicampurkan secara bersamaan? Hal ini bertujuan agar kopi dapat tercampur dengan bahan-bahan tersebut dengan merata, sehingga rasa kopi lebih maksimal. Blender hingga es hancur dengan rata. Tuang hasil blender tadi ke dalam gelas.

Tuang whip cream ke Frappuccino. Kemudian, tambahkan sirup perasa atau susu kental manis coklat. Selanjutnya, tambahkan biskuit atau pun meses ke Frappucino tersebut. Frappuccino buatan sendiri pun siap untuk dinikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *