Beberapa Tips Membersihkan Mesin Kopi

Beda dengan membersihkan alat lainnya, nembersihkan mesin kopi bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Sebagian besar orang masih banyak yang salah dalam cara pembersihannya. Agar kualitas dan kebersihan mesin kopi yang Anda miliki tetap terjaga kondisinya, serta tidak berpengaruh pada hasil seduhan kopi nantinya, berikut ini tips-tips yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan mesin kopi kesayangan Anda!

Hindari Penggunaan Deterjen Atau Pembersih Kimia

Mesin kopi itu berbeda dengan alat makan dan minum lainnya. Kopi memiliki tingkat kesensitifan yang tinggi terhadap rasa. Dikhawatirkan kopi yang Anda buat akan memiliki rasa yang aneh atau bahkan hilang sama sekali sekaligus tetap tercium aroma deterjen dalam kopi Anda apabila dicuci dengan deterjen atau pembersih kimia lainnya. Deterjen tersebut bisa saja menempel pada mesin kopi Anda.

Apabila ada noda membandel yang tidak cukup apabila hanya dibilas dengan air, Anda dapat menggunakan baking soda atau cuka. Campurkan air dan cuka dengan perbandingan 2:1. Apabila masih terlihat kotor, Anda dapat mengulanginya lagi. Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan perasan air lemon dan jeruk nipis.

Jangan Dicuci Dalam Keadaan Panas

Karena terburu buru, seringkali kita membersihkan mesin kopi langsung setelah digunakan, meskipun mesin tersebut masih terasa hangat atau bahkan panas. Jika mesin kopi milik Anda terbuat dari porcelain, kaca, dan keramik, sebaiknya didiamkan dulu hingga dingin. Ini dilakukan agar mesin kopi tetap terjaga, serta melindungi tangan Anda juga dari panas.

Selain itu, beberapa kaca mesin kopi memiliki kualitas yang kurang. Jadi apabila terkena air panas dan dingin dalam waktu yang berdekatan, akan dapat menyebabkan mesin kopi tersebut retak, bahkan sampai pecah.

Jangan Sikat Mesin Terlalu Kasar

Ketika membersihkan mesin kopi, hindari penggunaan kawat besi atau plastik yang dapat membuat mesin kopi Anda tergores hingga meninggalkan bekas. Sebaiknya, gunakan sponge berbahan lembut ketika membersihkan sela sela mesin kopi milik Anda.

Buang Sisa Kopi Setelah Selesai

Ada beberapa mesin kopi yang akan menyisakan ampas kopi di dalam mesin tersebut. Agar noda dari kopi tersebut tidak meninggalkan bekas, maka buanglah langsung ampas tersebut setelah selesai minum kopi. Setelah ampas kopi dibuang, diamkan dulu mesin tersebut sebelum membersihkannya dengan air.

Keringkan Dengan Lap Bersih

Tips yang terakhir adalah dengan tidak membiarkan mesin kopi Anda terlalu lama dalam keadaan basah sehabis dicuci. Hal ini sangat penting karena ada beberapa bagian dari mesin kopi yang rentan terhadap air. Karena itu, setelah membersihkan mesin kopi Anda hingga bersih, segeralah keringkan mesin tersebut dengan menggunakan lap bersih yang lembut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *