Agar Tidak Salah Beli, Kenali Dulu Ciri Mesin Kopi Yang Berkualitas Baik!


Membuat kopi merupakan salah satu tugas yang biasanya dilakukan oleh para Barista cafe. Dengan menggunakan mesin kopi yang bagus, mereka dapat membuat kopi dengan cita rasa yang tinggi dan beraroma kuat. Tentu saja semua itu berkat keahlian yang dia punya. Selain biji kualitas biji kopi yang digunakan, faktor lain yang menyebabkan rasa kopi tersebut nikmat adalah karena penggunaan mesin kopi yang berkualitas.

Bagi kamu yang suka gemar membuat kopi sendiri, memilih mesin kopi yang tepat merupakan salah satu faktor yang perlu diperhatikan dalam membuat kopi. Penggunaan mesin kopi yang kualitasnya buruk akan mempengaruhi cita rasa dari kopi yang dibuat, sehingga rasa kopi menjadi hambar dan aromanya pun tidak pekat lagi.

Lantas, bagaimana cara memilih mesin kopi yang berkualitas? Nah, cara memilih mesin kopi yang berkualitas baik dan tinggi sehingga rasa kopi menjadi nikmat adalah sebagai berikut.

Perhatikan Fungsi Dari Fitur Mesin Kopi

Hal pertama yang perlu kamu cermati adalah dengan memperhatikan fungsi dari fitur mesin kopi, apakah masih bekerja dengan baik atau tidak, serta kegunaan fitur yang ada pada mesin espresso, apakah sesuai dengan kebutuhan kedai kopi kita. Misalkan saja, fitur lampu indikator yang ada pada mesin espresso apakah sesuai dengan pencahayaan yang ada pada kedai kopi kita. Sebab beberapa warna lampu ada yang tidak bersahabat dengan pencahayaan, maka fitur ini juga menjadi pertimbangan untuk memilih mesin espresso. 

Pahami Kapasitas Boiler Mesin Kopi

Hal berikutnya adalah dengan mengetahui kapas boiler mesin kopi, yaitu berapa banyak kapasitas air yang bisa ditampung boiler nantinya sebagai persediaan air seduhan untuk membuat secangkir espresso ketika dishot.

Kapasitas boiler yang besar harus dilengkapi dengan pemanas air seduhan yang memadai. Hal ini akan mempengaruhi waktu pembuatan kopi. Jika  boiler yang digunakan cukup besar namun pemanas tidak memadai, maka perlu waktu yang cukup lama untuk mempersiapkan air pada suhu yang tepat untuk sekali shot penyajian espresso.

Perhatikan Daya Listrik Dan Mesin Pemanas Kopi

Hal berikutnya yang perlu kamu ketahui adalah dengan memperhatikan daya listrik yang dikonsumsi oleh mesin kopi tersebut. Perhatikan seberapa besar daya listrik yang diperlukan untuk mengoperasikan mesin espresso sebelum kamu membelinya. Hal ini perlu diperhatikan, apakah daya listrik di kedai kopi mampu atau tidak untuk menjalankan mesin espresso.

Perhatikan juga sistem pemanas air pada boiler, apakah menggunakan daya listrik atau menggunakan gas alami yang bisa dipasangkan pada mesin espresso. Mesin espresso yang sistem pemanas boilernya menggunakan gas akan lebih hemat listrik jika dibandingkan menggunakan daya listrik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *