Agar Biji Kopi Awet, Beginilah Cara Menyimpan Biji Kopi Yang Baik Dan Benar!


Kopi merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak dibudidayakan di seluruh dunia. Rasanya yang nikmat dan aromanya yang kuat membuat minuman dari biji ajaib satu ini bamyak digemari di seluruh kalangan, baik muda hingga dewasa. Minuman yang satu ini juga telah banyak dimodifikasi menjadi minuman berkelas yang sangat enak. Kamu hanya perlu datang ke Cafe favoritmu dan hanya memsan kopi yang kamu inginkan tnapa harus repot-repot membuatnya.

Namun, banyak orang yang rela membeli biji ajaib yang satu ini dalam jumlah banyak agar mereka bisa menikmati kopi buatan sendiri tanpa harus repot-repot membeli lagi versi jadinya karena aroma dan cita rasa kopi buatan sendiri akan lebih kuat jika dibandingkan dengan buatan Café. Namun, satu hal yang harus kamu perhatikan bahwa biji kopi pun akan mengalami penurunan kualitas seiring dengan lamanya waktu penyimpanan. Jadi, apa yang harus kota lakukan agar biji kopi yang kita beli tetap awet dan kualitasnya terjaga?

Tenang saja. Kami telah merangkum tips-tips untuk kamu tentang bagaimana cara menyimpan biji kopi yang benar agar kualitasnya tetap terjaga. Penasaran? Simak infonya.

Beli Biji Kopi Dalam Jumlah Sedikit Atau Secukupnya Saja

Perlu diingat bahwa meski biji kopi memiliki aroma yang kuat dan memiliki waktu pembusukan yang lama, namun kualitas dari biji kopi sendiri dapat berkurang seiring dengan waktu penyimpanan. Untuk itu, belilah biji kopi secukupnya saja agar rasa dan kualitas yang dimiliki kopi tidak berkurang terlalu lama.

Simpan Dalam Karung Goni

Terdengar aneh bukan? Namun, cara ini merupakan salah satu cara yang ampuh dalam menjaga kualitas kopi dan sudah pernah dipakai oleh para masyarakat kita zaman dulu. Gunakan karung goni yang masih baru dan masih kuat. Jangan menggunakan karung goni bekas karena nantinya aroma biji kopi akan bercampur dengan aroma barang yang pernah ditaruh karung goni sebelumnya (seperti cengkeh, bawang, dan barang lainnya yang beraroma kuat), sehingga aroma kopi akan memudar.

Simpan Kopi Di Tempat Yang Sejuk Dan Kedap Udara Serta Cahaya

Kualitas kopi dapat berkurang jika terkena panas atau cahaya. Aroma kopi pun akan berkurang jika tercampur dengan bau-bau lainnya. Untuk itu, simpan di tempat yang kering, sejuk dan kedap udara seta cahaya. Kamu dapat menggunakan paper bag jika kopi yang ditaruh memiliki jumlah yang sedikit. Kamu juga menggunakan aluminium foil bag untuk menaruh biji kopimu.

Perhatikan Waktu Penyimpanan Biji Kopi

Biji kopi tentu memiliki waktu tersendiri dalam masa penyimpanannya, tergantung wadah yang digunakan untuk menyimpan kopi. Waktu rata-rata yang pas untuk menyimpan kopi hanyalah 2-3 bulan. Untuk itu, segera habiskan kopi selama jangka waktu tersebut dan ganti biji kopi lama dengan biji kopi yang baru jika sudah melewati batas waktu tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *