Yuk Ketahui Jam Yang Tepat Untuk Minum Kopi

Kopi pada pagi hari adalah hal yang banyak dipilih orang untuk menikmati kopi. Pagi biasa dianggap waktu paling tepat untuk meminum kopi karena berbagai alasan. Yang paling umum adalah untuk menyegarkan pikiran atau mengusir rasa malas dan ngantuk di pagi hari. Kebayang kan gimana nikmatnya menyiapkan bubuk kopi lalu menyedunya di pagi hari?

Menurut beberapa survei, salah satunya survei dari Dunkin ‘Donuts and CareerBuilder, kopi punya peran cukup signifikan dalam membantu mendapatkan semangat pagi. Bagi para pekerja tentunya akan sangat terbantu dengan adanya kandungan dalam kopi yang dapat berfungsi sebagai mood booster.

Bila Anda biasa meminum kopi di pagi hari sebelum melakukan beragam aktivitas, maka sebaiknya mulai berpikir ulang. Steven Miller, Neuroscientist di Uniformed Services University of the Health Sciences di Maryland, mengatakan bahwa waktu minum kopi yang paling bagus adalah setelah hormon kortisol melewati masa puncaknya atau setelah pukul 9 pagi.

Di pagi hari, kopi paling efektif dinikmati antara pukul 09.30 hingga 11.30. alasanya adalah kadar kortisol yang mulai menurun sebelum setelahnya naik lagi. Bila seseorang minum kopi ketika hormon tersebut masih tinggi dapat menyebabkan tubuh meningkatkan toleransi terhadap kafein. Sehingga nantinya tubuh kamu akan minta tambah lagi dan lagi untuk dosis kafein yang membuat kamu semangat atau segar di tubuh.

Resistensi ini dianalogikan seperti konsumsi pada obat saat sakit. Ketika tubuh mengonsumsi obat pada kondisi normal, maka tubuh akan mengembangkan toleransi (resistensi) terhadap obat tersebut. Sehingga tubuh meminta dosis yang lebih besar untuk menciptakan efek yang sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *