Tahukah Kamu Reaksi Tubuh Setelah Mengonsumsi Kopi?

Kopi memiliki dampak negatif dan positif bagi tubuh manusia. Tentu saja, jika dikonsumsi sesuai kebutuhan, maka tubuh kita pasti akan merasakan dampak positif dari kopi tersebut. Sebagai penikmat kopi, apakah Anda tahu apa reaksi yang akan terjadi pada tubuh Anda apabila mengonsumsi kopi? Untuk mengenal fase reaksi ketika kopi masuk ke dalam tubuh Anda, simak beberapa waktunya berikut ini.

Pada 10 menit awal, tegukan kopi pertama akan memberikan impuls pada aliran darah Anda. Hal tersebut ditandai dengan meningkatnya detak jantung dan aliran darah, serta meningkatnya energi Anda sedikit, akibat dari kafein yang terkandung dalam kopi.

Setelah 20 menit, tubuh Anda akan terasa sedikit bugar, seperti selesai berolahraga. Karena, kopi memberikan reaksi pada adenosine level tubuh Anda. Adenosine berperan sebagai pemberi rangsangan pada sistem tubuh untuk memberikan tanda kapan waktu tubuh Anda butuh tidur. Hal ini yang menyebabkan mengapa kopi dapat menghilangkan rasa kantuk. Pada menit ini juga meningkatnya dopamine dan glutamine, serta cara kerja otak.

Di menit ke-30, tubuh Anda akan menghasilkan adrenaline, yang akan menyebabkan meningkatnya produksi energy dalam tubuh Anda. Energi yang dihasilkan ini akan diteruskan pada otot-otot tubuh. Ini mengapa banyak atlit yang menjadikan kopi sebagai suplemennya.

Pada menit ke-40, kopi yang dikonsumsi akan memberikan rangsangan pada reaksi serotonin tubuh. Reaksi inilah yang mengatur perasaan nyaman dan bahagia seseorang. Itu sebabnya mengapa kopi dapat membuat seseorang tetap awet muda.

Setelah 60 menit mengonsumsi kopi, kopi tersebut akan menyebabkan reaksi fokus dan kewaspadaan meningkat. Karena tubuh juga masih lanjut dalam memproduksi dopamine tubuh, seseorang akan merasa sedikit lega dengan segala hal dalam dirinya. Maka dari itu kopi dapat meredahkan stres seseorang.

3-6 jam berikutnya, efek kafein pada tubuh Anda akan mulai menyusut. Energi yang tadinya kian meningkat akan kembali seperti semula, bahkan lebih menurun. Kafein selanjutnya akan menyatu dengan sistem tubuh, yang akan membuat Anda pergi untuk membuang air kecil. Di sanalah kafein akan keluar dan membawa keluar toxin dari dalam tubuh. Hal ini yang menyebabkan Anda merasa haus setelah minum kopi. Maka dari itu, minumlah air yang banyak agar terhindar dari dehidrasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *