Strategk Bisnis Kopi Kenangan Yang Menarik Hati Investor Asal India


Kongko di kedai kopi sudah menjadi pemandangan lazim di Tanah Air. Kebiasaan masyarakat seperti ini menjadi berkah bagi para pengusaha kopi, termasuk jaringan kafe berbasis teknologi Kopi Kenangan. Kegemaran konsumen terhadap sajian Kopi Kenangan membuat bisnis ini diminati para investor. Sequoia India pun mengucurkan modal US$ 20 juta atau sekitar Rp 288 miliar kepada Kopi Kenangan, akhir Juni lalu.

Di kedai kopi sudah menjadi pemandangan lazim di Tanah Air. Kebiasaan masyarakat seperti ini menjadi berkah bagi para pengusaha kopi, termasuk jaringan kafe berbasis teknologi Kopi Kenangan. Kegemaran konsumen terhadap sajian Kopi Kenangan membuat bisnis ini diminati para investor. Sequoia India pun mengucurkan modal US$ 20 juta atau sekitar Rp 288 miliar kepada Kopi Kenangan, akhir Juni lalu.

Seingatnya, dulu, pengusaha berlomba-lomba membuka tempat usaha yang besar. Padahal, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sering terkendala modal. Lagipula, kedai yang luas akan meningkatkan risiko belanja modal (capital expenditure/capex) dan pengembalian dana (payback) menjadi lebih lama. Karena itu, menurutnya layanan pesan-antar makanan sangat membantu pebisnis pemula dalam mengembangkan usahanya. Ia pun memperkirakan, tempat usaha peretail makanan dan minuman rerata berukuran relatif kecil.

Kopi Kenangan ingin mengambil ceruk pasar di antara premium dan standar. “Yang di tengah itu kosong. Kami merasa masih banyak kesempatan untuk tawarkan affordable market di Indonesia maupun Asia Tenggara. Tidak banyak di luar negeri yang menjual freshly ground coffee dengan harga terjangkau,” kata dia. Saat ini, Kopi Kenangan memiliki 90 gerai di 12 kota di Pulau Jawa. Edward menargetkan jumlahnya bertambah menjadi 200 gerai akhir tahun ini. Lalu, meningkat lagi menjadi 1.500 gerai pada 2021.

Ia mencatat, pendapatan sejak awal tahun ini sudah 44 kali lipat dibanding periode sama tahun lalu. Sedangkan kenaikan pendapatan secara bulanan mencapai tiga kali lipat.

Kalau kamu juga tertarik untuk menekuni bisnis kopi ini, kamu bisa mendapatkan mesin kopi terbaik di Santino. Hanya dengan mesin kopi yang baik biji kopi berkualitas dapat diolah dengan baik. Maka dari itu kamu harus memastikan mesin kopi kamu memiliki kualitas yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *