Sedang Mencari Kopi Dengan Sentuhan Tradisional Yang Nikmat? Coba Kopi Wamena!


Sebagai penyedia berbagai kebutuhan akan kopi, termasuk juga mesin kopi berkualitas, kali ini Santino akan membahas mengenai kopi Wamena dimana jenis kopi ini masih belum populer bagi sebagian orang.

Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan rempah-rempah dan hasil perkebunannya. Salah satu hasil perkebunan yang sukses merambat ke dunia internasional adalah kopi. Indonesia merupakan negara penghasil kopi terbesar ke-4 di dunia.

Selain produksi koli yang begitu besar, negara kita juga mempunyai jenis biji kopi yang sangat beragam. Beberapa di antaranya ada yang sudah diakui dunia internasional, seperti Kopi Toraja, Kopi Gayo , dan Kopi Wamena. Ketiga kopi ini begitu disukai oleh orang-orang luar negeri karena ketiga kopi ini mempunyai rasa dan aroma yang begitu kuat. Kopi ini juga mempunyai karakter yang sangat menonjol dibandingkan dengan jenis kopi lainnya.

Mungkin beberapa dari kalian sudah tahu tentang Kopi Gayo dan Kopi Toraja. Namun, apakah kamu tahu dengan kopi yang satu ini? Ya, kopi ini adalah Kopi Wamena. Nah, untuk menambah wawasan kalian tentang industri kopi, berikut ini adalah penjelasan mengenai kopi Wamena yang akan membuatmu tertarik untuk mencobanya.

Seputar Kopi Wamena

Letak geografis wilayah Wamena yang sangat subur dan dingin membuat tempat ini sangat cocok untuk ditanami beberapa tanaman di dataran tinggi, salah satunya adalah tanaman kopi. Kopi yang di tanam di Wamena selalu di tanam di daerah perhutanan yang masih belum terjamah banyak manusia. Petani kopi di Wamena juga tidak menggunakan alat modern untuk menanam tanaman kopi. Hal ini dilakukan agar biji kopi yang dihasilkan dapat lebih beraroma dan rasa rempah-rempah pada kopi dapat terasa. Pupuk kimia pun tidak digunakan untuk kopi Wamena. Proses penanaman yang tradisional dan penggunaan pupuknya uang berkualitas membuat kopi Wamena dikenal sebagai kopi organik. Untuk pupuk, biji kopi ini menggunakan pupuk kompos alami, sehingga akan membuat tanaman kopi tumbuh subur dan setiap tahunnya menghasilkan banyak biji kopi yang berkualitas tinggi.

Proses Penanaman Biji Kopi Wamena

Penanaman kopi di wilayah Wamena ini masih sangat tradisional. Dengan menggunakan alat pertanian yang sederhana, membuat petani hanya melakukan pembersihan di sekitar tanaman, tanpa ada pemupukan. Namun, beberapa petani kopi juga menggunakan pupuk kompos yang dibuat sendiri agar tanaman dapat tumbuh dengan subur, sehingga kualitas biji kopi yang dihasilkan nantinya juga bagus.

Proses Pengolahan Biji Kopi Wamena

Pengolahan biji kopinya pun juga masih sangat tradisional, mulai dari panen, pengupasan dan produksi, para petani hanya menggunakan alat sederhana yang dibuat dari bahan yang seadanya saja, tanpa menggunakan mesin penggiling. Namun,  budidaya kopi di wilayah Wamena Kabupaten Jayawijaya, mulai mendapat perhatian pemerintah dan pihak swasta, yang pada akhirnya para petani mendapat bantuan berupa mesin penggiling biji kopi.

Keunggulan Biji Kopi Wamena

Kopi ini memang berbeda dengan jenis kopi lainnya. Kopi Wamena memiliki kelebihan dibandingkan kopi dari daerah lain. Kopi ini merupakan kopi organik, karena tidak tersentuh pupuk bahan kimia sama sekali. Hasilnya adalah biji kopi ini mempunyai aroma dan rasa yang sangat kuat. Tidak hanya itu, aroma rempah-rempah yang terdapat pada kopi ini juga merupakan salah satu alasan mengapa banyak orang luar menyukai kopi jenis ini. Kopi ini juga memiliki kadar keasaman yang rendah, sehingga aman untuk kamu yang memiliki masalah lambung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *