Punya Kualitas Terbaik, Inilah 3 Jenis Kopi Yang Paling Disukai Oleh Masyarakat Indonesia


Siapa yang tidak kenal dengan kopi. Ya, minuman ini merupakan salah satu minuman yang paling banyak disukai di dunia, termasuk Indonesia. Tidak heran, Indonesia merupakan salah satu Negara penghasil kopi terbesar ke-4 di dunia setelah Brasil, Vietnam, dan Kolombia.

Nah, bagi kamu pecinta kopi, kami punya referensi tentang jenis kopi yang paling enak di Indonesia yang mungkin dapat kamu gunakan. Untuk lebih jelasnya, simaklah penjelasan berikut ini.

Kopi Luwak

Siapa yang tidak kenal kopi ini? Kopi ini merupakan salah satu kopi yang termahal di dunia. Proses panennya yang rumit inilah yang membuat kopi ini mahal. “Memang sesulit apa sih panennya?” Nah, yang pertama adalah para peternak harus memberi makan kopi kepada hewan luwak mereka. Kemudian, para peternak hanya perlu menunggu “proses alam” luwak tersebut.

Nah, setelah itu, para peternak akan mengambil hasil “proses alam” hewan luwak tersebut untuk kemudian diberisihkan, disangrai, ditumbuk, lalu siap untuk diseduh. Agak aneh ya. Namun proses seperti ini dipercaya akan membuat buah kopi memiliki cita rasa yang enak dan berkualitas. Kopi ini banyak di produksi di daerah Sumatera dan Jawa.

Kopi Toraja

Merupakan kopi yang berasal dari Sulawesi. Karena rasanya yang enak dan unik, serta memiliki aroma yang kuat, kopi ini mendapat julukan “Queen Of Coffee”. Rasa “tanah” juga menjadi ciri khas kopi ini. Nah, kopi ini juga dicampur sedikit dengan coklat dan kacang, yang membuat kopi ini lebih kaya rasa. Kalian juga wajib berbangga kepada kopi jenis ini karena kopi ini merupakan jenis kopi yang paling disukai di dunia, seperti Jepang, Amerika Serikat, dan Jerman.

Kopi Gayo

Kopi yang berasal dari Tanah Gayo, Aceh ini juga tidak kalah enaknya dengan kopi-kopi lain. Rasa dan aroma rempahnya sangat kuat, tingkat keasaman rendah dan tidak terlalu pahit membuat kopi ini banyak digemari, kuhusnya Negara luar seperti Amerika Serikat dan Negara-negara Eropa.

Bila dirasakan sekilas, rasa kopi ini mirip dengan rasa kopi di Sumatera pada umumnya. Namun, kopi ini mempunyai aftertaste yang bersih. Buat kalian yang belum tahu arti aftertaste, aftertaste merupakan rasa yang tertinggal di lidah usai meminum kopi. Kopi ini ada yang diproses dengan cara fermentasi, sehingga rasanya seperti wine, tapi tidak membuat mabuk ya.

Proses pembuatan kopi ini menggunakan metode kering, yaitu metode pengeringan yang  membutuhkan waktu sekitar 3 sampai 4 minggu dan kopi mesti sering-sering di putar sehingga seluruh bagian buah kopi benar-benar menjadi kering. Proses inilah yang membuat rasa kopi ini manis secara alami.

Nah, itulah 3 jenis kopi yang paling digemari masyarakat Indonesia. Namun jangan lupa, bahwa jenis-jenis kopi di atas tidak akan enak rasanya kalau tidak kamu olah dengan mesin kopi yang tepat. Mesin kopi yang tepat adalah penting untuk mendapatkan hasil olahan kopi yang baik. Untuk itu jangan ragu untuk segera menghubungi Santino.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *