Ngopi Itu Gak Hanya Soal Nikmat, Tapi Juga Khasiat

Sejarah kopi telah dicatat sejauh pada abad ke-9. Pertama kali, kopi hanya ada di Ethiopia, di mana biji-bijian asli ditanam oleh orang Ethiopia dataran tinggi. Akan tetapi, ketika bangsa Arab mulai meluaskan perdagangannya, biji kopi pun telah meluas sampai ke Afrika Utara dan biji kopi di sana ditanam secara massal. Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk yang bisa diolah menjadi bermacam macam jenis olahan. Kopi merupakan salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara.

Tahukah kamu, bahwa Indonesia adalah salah satu produsen kopi terbesar di dunia. Di Indonesia, peminat kopi banyak sekali atau bisa dibilang dominan. Kira-kira kenapa ya kopi banyak peminatnya? Karena rasa yang unik, khas, dan istimewanya. Ada banyak jenis kopi yang terkenal di Indonesia.

Mengandung Banyak Mineral Dan Vitamin

Kopi tidak hanya mengandung kafein. Berbagai mineral dan vitamin, ternyata juga bisa Anda dapatkan dari minuman pahit ini. Dalam satu gelas kopi, juga terkandung vitamin B2, vitamin B5, mangan, kalium, dan magnesium.

Membakar Lemak Di Tubuh

Kafein disebut dapat membantu meningkatkan metabolisme di tubuh, termasuk dalam pembakaran lemak. Namun, manfaat minum kopi yang satu ini disebut akan kurang terlihat, pada orang yang sudah punya kebiasaan minum kopi sejak lama.
Meningkatkan Stamina

Kafein dapat membantu memecah lemak yang ada di tubuh dan membuatnya digunakan untuk stamina. Sehingga, tidak ada salahnya Anda minum kopi hitam satu setengah jam sebelum berolahraga.

Meningkatkan Fungsi Otak

Saat Anda minum kopi, kafein yang Anda minum akan masuk ke dalam darah, lalu berjalan ke otak. Di sana, kafein akan mengaktifkan saraf serta hormon-hormon yang bisa meningkatkan berbagai fungsi otak, seperti daya ingat, suasana hati, hingga fungsi mental secara umum.

Menurunkan Risiko Stroke

Wanita yang rutin minum kopi dalam jumlah cukup, disebut memiliki risiko lebih rendah terkena stroke. Manfaat minum kopi ini tetap bisa didapatkan, meski di sisi lain, konsumsi kafein bisa meningkatkan sedikit tekanan darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *