Minum Kopi Saat Perut Kosong, Berbahayakah Untuk Kesehatan? Ini Penjelasannya!

Minum kopi merupakan salah satu cara yang banyak digunakan oleh sebagian besar masyarakat untuk menambah energi dan menghilangkan rasa kantuk yang datang, terutama saat berpuasa seperti sekarang ini. Saat sahur dan berbuka, banyak orang yang lebih memilih untuk minum kopi terlebih dahulu sebelum makan. Tujuannya hanya untuk menambah tenaga yang yang hilang setelah seharian berpuasa.

Namun, hal ini justru tidak baik loh untuk kesehatanmu. Minum kopi saat perut kosong akan menimbulkan dampak yang sangat buruk untuk kesehatanmu. Dampak yang timbul adalah sebagai berikut.

Kadar Asam Lambung Naik

Di dalam kandungan kopi, terdapat zat asam yang dapat membuat kadar asam pada lambungmu meningkat drastis. Kadar asam yang berlebih dapat membuat fungsi lambungmu terganggu, seperti mual, pusing, sakit perut, dan sebagainya. Jika dibiarkan, fungsi lambungmu dapat rusak. Jika kamu tetap ingin minum kopi dalam keadaan perut kosong, pilihlah jenis kopi yang memiliki kandungan asam yang rendah.

Gangguan Pencernaan

Minum kopi yang berlebihan dapat membuat kita sering buang air kecil. Nah, hal ini akan membuat penyerapan gizi yang dilakukan lambung akan terbuang secara percuma melalui air seni, sehingga fungsi lambung pun akan ikut terganggu dan pada akhirnya tubuh akan kekurangan zat gizi.

Dehidrasi

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa minum kopi dapat menyebabkan kita sering buang air kecil. Hal inilah yang membuat cairan tubuh kita akan cepat berkurang, sehingga tubuh kita akan cepat mengalami dehidrasi. Untuk itu, perbanyak minum air putih setelah meminum kopi agar cairan tubuhmu dapat terisi kembali.

Mengerikan bukan? Namun, tentu sulit bagi kita untuk menghindari rasa kopi yang sangat nikmat untuk diminum tersebut. Agar kamu tetap bisa menikmati kopi dalam keadaan perut kosong, sebaiknya tambahkan susu atau vanila ke dalam kopi. Hal ini dapat membuat membantu lambung dalam mencerna zat gizi meski perut sedang kosong. Kamu juga dapat menambahkan camilan ringan sebagai pelengkap kopi, seperti pisang goreng, roti bakar, kue, dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *