Metode Ini Dapat Membuat Kopi Buatanmu Terasa Nikmat!


Seiring dengan ketenaran dan jumlah penikmat kopi, inovasi-inovasi dalam industri kopi saat ini mengalami perkembangan yang sangat tinggi, mulai dari cara pengelolaan perkebunan kopi, keanekaragaman biji kopi, alat-alat yang digunakan, serta  metode penyajiannya yang semakin hari semakin beragam.  

Kopi yang nikmat adalah kopi yang memiliki rasa yang nikmat serta aroma yang kuat, namun tidak menyengat. Selain itu, alat dan metode penyajian juga menjadi hal utama yang perlu diperhatikan untuk menciptakan rasa dari kopi yang sesuai dengan standar kopi yang nikmat.

Jika ingin membuat kopi, metode-metode berikut ini dapat kamu gunakan untuk membuat kopi buatanmu terasa nikmat dan aroma yang dihasilkan juga kuat. Berikut infonya.

French Press

French Press biasa disebut dengan coffee press. Teknik dalam penyajian kopinya dibuat menggunakan gelas khusus. French Press berbentuk gelas yang terletak di alat penekan di bagian tutup gelas. Cara penyeduhan metode ini adalah dengan mendiamkan kopi sebentar selama kurang lebih 4 menit, dengan takaran 60 gram untuk 1 liter air. Setelah itu, tekan bagian atasnya perlahan hingga ampas kopi tertekan ke dasar. Setelah itu segera tuangkan kopi ke dalam cangkir selagi masih fresh.

Drip Method

Metode ini menjadi salah satu cara membuat kopi yang selalu ada di setiap kedai atau cafe yang menjual minuman kopi. Metode ini juga bisa disebut dengan Filter Method, karena cara pembuatannya dilakukan melalui proses penyaringan (filter). Sampai saat ini, Drip Method merupakan cara yang paling populer karena terkesan praktis dan efisien.

Cara pembuatannya adalah dengan menuangkan air terlebih dahulu ke dalam kopi bubuk yang diletakkan di atas kertas saring ke bejana kopi. Untuk bisa menyeduhnya, kamu hanya perlu memanaskan bejana kopinya dan kopi siap untuk disajikan. Hasil yang didapat ketika kamu menggunakan metode ini adalah kopi akan terasa sangat lembut kaya rasa.

Syphon Method

Metode ini bisa dibilang cukup unik karena membutuhkan kesabaran untuk bisa menghasilkan secangkir kopi yang nikmat tanpa ampas. Alat yang digunakan untuk metode ini pun juga tidak terlalu mahal dan bisa banyak kita temukan di pasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *