Mengintip Budaya Ngopi Orang Brazil Yuk!


Sebagai penyedia mesin kopi dan mesin espresso yang baik, Santino senantiasa akan memberikan informasi seputar kopi. Baik itu cara penyeduhanya, budaya-nya, biji kopinya, bahkan juga mesin kopi dan mesin espresso itu sendiri. Nah, kali ini kita akan mengintip sejenak mengenai budaya ngopi dari negara yang terkenal dengan sepak bolanya yaitu Brazil, yang ternyata juga terkenal dengan kopinya.

Brazil, negara yang saat ini diakui sebagai penghasil kopi terbanyak di dunia tentu menarik membahas mengenai budaya ngopi mereka. Tentunya hingga negara ini bisa menghasilkan kopi yang begitu banyaknya tidak lepas dari kecintaan masyarakatnya akan kopi. Jika di Italia kita mengenal kopi Espresso, maka ada apa di Barazil?

Salah satu budaya ngopi yang masih terjaga di Brazil adalah Cafezinho. Cafezinho sendiri artinya kopi yang sedikit. Sekilas cara ngopi ini mirip dengan Espresso, hanya saja berbeda cara seduh dan penyajiannya. Sebelumnya kopi telah mengalami proses dimaniskan, dan kadang pun disajikan dengan gula atau pemanis lainnya.

Kalau kamu tertarik membuatnya di rumah, kamu bisa merebus air dengan gula hingga larut. Setelah itu tuangkan bubuk kopi dan aduk-aduk. Saring ampasnya dan nikmati sajian kopi ala Brazil ini. Disarankan kamu tidak merebus air dengan gula terlalu banyak karena jika nanti kurang manis kamu masih dapat menambahkan gulanya.

Berbeda dengan orang Italia yang cenderung tidak menyukai gula pada kopi mereka. Mereka lebih menyukai rasa manis alami dari kopi atau jikapun ada penambah manis mereka menggunakan krimer atau sirup. Jadi, jika di Italia kamu dianggap asing kalau menambahkan gula pada kopimu, di Brazil justru sebaliknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *