Mengenal Proses Kopi Dari Awal Hingga Pengemasan


Apa kalian pernah membayangkan bagaimana proses kopi serbuk di ciptakan, apa saja proses yang harus di lalui sebelum kopi bisa kita seduh dengan air panas lalu kita nikmati. Ada banyak pekerjaan yang harus kita selesaikan untuk membuat biji kopi menjadi kopi yang bisa kita minum, apa saja?

Panen

Proses memanen kopi ini sangat mudah kita hanya perlu mengambil buah kopi yang sudah masak,buah kopi yang sudah masak di tandai dengan warna kulitnya yang berwarna merah jika sudah terlalu masak warna buah kopi akan terlihat merah gelap.

Pemilihan

Proses sortasi ini bertujuan untuk memisahkan buah kopi yang bagus dan yang dirasa tidak bagus, buah kopi yang bagus biasanya berukuran besar matang sempurna dan tidak berlubang.

Pengupasan

Proses pengupasan ini biasanya di lakukan dengan menggunakan mesin pengupas tipe silinder saat mengupas kopi yang di masukan ke dalam mesin pengupas ini akan di semprot dengan air. Fungsi air disini untuk membantu proses pengaliran biji kopi ke dalam mesin silinder sekaligus untuk membersihkan daging buah kopi yang lengket.

Tapi selain dengan menggunakan mesin silinder proses pengupasan ini juga bisa di lakukan dengan cara tradisional yaitu di tumbuk dengan tumbukan tradisional,hasilnya tentu saja berbeda karena di kerjakan dengan cara tradisional buah kopi yg di tumbuk tidak bisa langsung bersih tapi masih bercampur antara biji kopi dengan kulitnya.

Pencucian

Proses pencucian ini bertujuan untuk membersihkan biji kopi dari sisa lendir/daging buah yang menempel pada kulit tanduk biji kopi agar tersisa biji kopi proses ini bisa di lakukan dengan cara tradisional atau menggunakan mesin.

Pengeringan

Proses pengeringan di lakukan untuk mengurangi kadar air pada biji kopi, proses pengeringan ini biasanya dilakukan manual dengan menjemur kopi di bawah terik matahari sampai ukuran kering yang di inginkan, selain dengan cara di jemur di bawah terik matahari bisa juga di keringkan dengan alat pengering biji kopi.

Pengupasan Kulit Tanduk

Pengupadan kulit tanduk ini bertujuan untuk menghasilkan beras kopi(biji kopi bersih). Pengupasan biji kopi ini biasanya di lakukan dengan menyangrai kopi. Proses penyangraian ini juga bertujuan untuk mengurangi kadar air pada biji kopi dan juga membentuk aroma dan citarasa khas kopi.

Prose Pendinginan

Proses ini dilakukan untuk menetralkan suhu biji kopi setelah proses penyangraian. Pendinginan biji kopi ini dapat dilakukan dengan menggunakan mesin yang berupa alat pengaduk yang dilengkapi dengan blower.

Pembubukan

Sebenarnya proses pembubukan ini tidak harus ada ya, soalnya lebih disarankan kamu membeli kopi yang masih dalam bentuk biji kopi biar lebih terasa enaknya. Tapi tetap kita bahas biar yang beli kopi dalam bentuk bubuk tahu nih prosesnya gimana. Penghalusan biji kopi sangrai ini dapat di lakukan dengan menggunakan mesin penghalus ukuran pasrtikel bubuk kopi juga bisa di atur pada mesin penghalus ini, sehingga tidak perlu risau jika bubuk kopi kasar atau terlalu halus

Pengemasan

Proses ini bertujuan untuk menjaga kwalitas bubuk kopi agar tetap baik, biji kopi yang tidak di kemas dengan baik akan terpengaruh udara dan suhu sehingga aroma kopi akan berubah bubuk kopi juga akan menggumpal.

Proses pengolahan kopi yang panjang harus di lakukan demi mendapatkan kwalitas bubuk kopi yang baik, jika anda berniat membuat bubuk kopi sendiri mungkin artikel ini bisa menjadi referensi yang cukup membantu.

Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan kamu soal kopi ya! Oh iya, bagi kamu yang bingung harus dimana mencari mesin kopi baik, hubungi aja Santino ya! Di sana kamu akan dapat memilih berbagai mesin kopi atau mesin espresso yang berkualitas baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *