Mengenal Jenis Kopi Arabika

Biji Kopi Arabika merupakan awal dari berbagai macam jenis kopi. awalnya berasal dari daerah ethiopia, kemudian di bawa dari ethiopia ke yaman oleh pedagang arab. Mereka pun mulai mempopulerkan ekstrak biji kopi arabika. Saat itu suku oromo, suku memiliki kebiasaan memakan biji kopi dengan menumbuk biji kopi, lalu mencampurkan nya dengan lemak, setelah itu di bentuk bulat bulat sebesar bola ping pong, kemudian di konsumsi, untuk menambah stamina.

Minuman ini mulai populer di eropa sejak abad ke 15. Yang awal nya bangsa eropa membeli kopi di pedagang arab, kemudian mereka mulai membudidayakannya di asia dan amerika.Setelah itu mulai lah bermunculan berbagai macam macam kopi seperti kopi robusta, kopi luwak, kopi sumatra, kopi toraja, kopi liberika, dan sebagainya.

Kopi Arabika biasanya juga di sebut merlot kopi. Rasanya yang ringan, sedikit manis, aromanya yang begitu khas. Tanaman kopi arabika ini membutuhkan waktu 7 tahun untuk mendapatkan hasil yang bagus dan mateng sepenuhnya, biasanya 2 sampai 4 tahun setelah di tanam, mulai bermunculan atau menghasilkan bunga kecil berwarna putih, yang mempunyai aroma menyerupai aroma bunga melati setelah itu akan muncul buah berwarna hijau gelap seperti daun.

Selain itu ada salah satu kopi arabika yang mendapatkan julukan kopi gourmet, yang merupakan varietas kopi arabika ringan berkualitas tinggi.Biji kopi ini pertama kali masuk dan ditanam di indonesia pada tahun 1696, tapi karena terjadi bencana alam tanaman ini mati. Kemudian di datengkan bibit baru dan di sebarkan pada tahun 1876, masalh lain pun dateng tanaman tersebut terkena penyakit karat daun. Kini area kopi arabika di indonesia hanya tersisa 10% di sumatra utara, malang, aceh, bali, dan sebagainya.

Sampai saat ini kopi arabika telah menjadi salah satu komoditas kopi yang palling sering di nikmati oleh sebagian banyak orang orang, walaupun mempunyai harga yang cukup mahal di bandingkan kopi robusta dan kopi kopi lainnya. Karena kopi ini mempunyai rasa yang cukup nikmat atau enak, dan proses menanamnya pun sangat beresiko.

Kalau kamu termasuk orang yang suka sama jenis kopi ini tentunya kamu butuh mesin kopi yang bagus agar bisa mengolahnya dengan baik. Untuk itu Santino mengenalkan mesin kopi CREM EXPOBAR MINI CONTROL 2GRP yang bisa kamu cek di sini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *