Kopi Itu Memiliki Fakta-Fakta Unik Yang Mencengangkan Loh!

Ada banyak hal mengenai kopi yang mungkin tidak banyak kita tahu. Kalaupun ada yang tahu itu mungkin belum semuanya. Kecuali kamu memang benar-benar concern di dunia per-kopi-an. Menjadi barista misalnya, tentu pengetahuan kamu mengenai kopi di atas rata-rata orang biasa. Tapi pada umumnya orang tidak banyak tahu mengenai kopi. Maka dari itu kali ini kita akan membahas menganai fakta-fakta kopi yang mungkin banyak orang awam tidak tau.

Tahukah kamu kalau setiap harinya ada sekitar 2,25 milyar lebih cangkir kopi diminum orang setiap hari. Hal ini membuktikan betapa banyaknya manusia yang menyukai kopi entah untuk hidup yang berjalan lancar dan bahagia atau yang lain.

Anehnya, 90% produksi kopi dilakukan di negara-negara berkembang sedangkan para penikmatnya justru banyak dari negara-negara maju. Fakta ini membuktikan bahwa kopi itu memiliki potensi pasar yang luar biasa. Kalau saja kita memiliki kebun kopi yang subur dan menghasilkan biji kopi berkualitas, kita bisa mengekspornya ke negara-negara maju dan mendapatkan keuntungan yang besar.

Kopi juga hampir menyamai kepopuleran air mineral atau air putih yang dianggap sebagai kebutuhan hidup itu. Air putih adalah kebutuhan sedangkan kopi adalah pilihan, kalau jarak ini cukup dekat, berarti minuman kopi sudah hampir menjadi kebutuhan.

Seperti yang kita bahas tadi, potensi pasar kopi itu begitu besar. Ini merupakan komoditas perdagangan terbesar kedua setelah minyak mentah. Maka dari itu tidak heran jika banyak pengusaha-pengusaha besar bermain di dunia kopi. Bahkan industri kopi merupakan industri raksasa yang dijalankan secara besar-besaran di seluruh dunia.

Salah satu keunikan biji kopi adalah dia merupakan biji dari buah kopi. Sehingga proses pengolahanya harus memisahkan buah dan bijinya terlebih dahulu. Padahal kalau kita lihat sekilas, biji kopi lebih mirip dari jenis kacang-kacangan daripada buah-buahan.

Indonesia adalah salah satu surganya tanaman kopi. Hampir semua pulau yang ada di wilayah Indonesia ditanami pohon kopi. Dari Sumatera, Jawa, Bali, Papua dan lain sebagainya ditanami kopi.

Masih banyak fakta-fakta mengenai kopi yang belum disebutkan di sini. Misalnya. Hawaii adalah satu-satunya wilayah di Amerika yang bisa ditanami kopi, Beethoven adalah pecandu kopi berat dan sebagainya. Namun dari yang kita bahas ini semoga memberika kita wacana bahwa kita harus bersyukur tinggal di Indonesia dimana tanah dan iklimnya ideal untuk ditanami kopi. Sebuah komoditas dengan pangsa pasar yang sangat besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *