Budaya Kopi Indonesia Sebagai Sebuah Kearifan Lokal

Di Indonesia kopi sendiri adalah komoditas yang sangat bagus pengembanganya. Kopi Indonesia cukup dikenal baik di kalangan pecinta kopi luar negeri. Tapi lebih dari itu, kopi juga adalah bagian dari masyarakat Indonesia yang di dalamnya terkandung kearifan lokal, kreativitas, dan keunikan-keunikan yang lahir atau terinspirasi darinya.

Budaya Minum Kopi

Di kalangan anak muda, budaya kopi semacam menjadi trend dimana nongkrong di kafe dengan teman-teman sambil minum kopi adalah semacam syarat kamu dikatakan gaul. Hal ini ternyata hanya modifikasi saja dari budaya-budaya ngopi di era sebelumnya.

Di Bandung misalnya, arti ngopi adalah bersantai, ngobrol-ngobrol akrab sambil disuguhi minuman dan aneka snack, meski minumannya tidak terbatas kopi. Lalu di Aceh, ngopi sudah jadi aktivitas seluruh masyarakat, tua-muda, pelajar, profesional, dari kalangan atas maupun bawah berbaur di kedai-kedai kopi lokal untuk ngopi. Dalam konteks ini,  ngopi mengandung makna keakraban, suasana santai, dan kesetaraan. Unik kan, Top Lovers?

Festival Kopi

Kopi memang tak bisa terpisahkan dari masyarakat Indonesia. Buktinya, di berbagai daerah rutin diadakan festival-festival kopi. Sebut saja di Banyuwangi, Jawa Timur, ada Festival Kopi Sepuluh Ewu, di Lampung ada Lampung Coffee Festival (Lacofest), dan International Banda Aceh Coffee Festival. Festival-festival tersebut diadakan dengan berbagai tujuan, mulai dari mempererat tali persaudaraan antar masyarakat, menumbuhkan kesadaran akan pentingnya kopi, dan ajang bertemunya penikmat dan pecinta kopi. Festival-festival kopi selalu berjalan meriah, baik itu yang berskala besar maupun kecil, sehingga menjadi daya tarik wisata daerah.

Gaya Hidup dan Kreativitas

Belakangan ini budaya ngopi amat menjamur di kalangan muda perkotaan. Kedai-kedai kopi berdiri, hampir di setiap sudut kota menawarkan sensasi ngopi yang berbeda. Di kedai-kedai kopi itu ada barista-barista yang siap memanjakan para penikmat kopi sekaligus berbagai informasi dan referensi tentang kopi. Karena itu, kopi termasuk ke dalam bagian gaya hidup masyarakat urban yang selain menawarkan kenikmatan juga jadi sumber inspirasi. Kopi bukan lagi minuman orang tua, tapi semua kalangan termasuk anak muda.

Untuk mendapatkan mesin kopi berkualitas baik dan dapat mengolah kopi dengan baik, percayakan pada Santino.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *