Kiat Ini Semoga Bisa Membantu Kafe Kamu Selamat Di Masa Pandemi

Pandemi berdampak pada banyak lini bisnis. Walaupun tetap ada yang diuntungkan seperti bisnis online dan kesehatan yang mengalami kenaikan, tapi tetap lebih banyak yang sebaliknya.

Termasuk jika kamu memiliki bisnis kedai kopi. Pembatasan sosial tentu berdampak pada pemasukan kafe-mu. Semakin sedikitnya pengunjung yang datang setidaknya disebabkan oleh 2 hal, satu karena kesadaran konsumen sendiri untuk tidak keluar rumah, dua adanya penertiban yang dilakukan petugas. Belum lagi aturah keluar rumah harus pakai masker dan beberapa standar kesehatan yang diterapkan tentu membebani konsumen yang akhirnya semakin enggan pergi ke kafe.

Ini adalah tantangan bagi banyak pemilik bisnis. Bagaimana tetap bertahan di masa sulit tidak semuanya bisa dilakukan oleh para pebisnis. Dibutuhkan kreatifitas dan perhatian yang serius untuk bisa bertahan.

Jangan Berhenti

Kamu hanya bisa gagal kalau kamu berhenti. Selama kamu masih bertahan kamu belum bisa dibilang gagal. Setidaknya begitulah kata-kata motivasi yang tepat. Tapi harus kita akui bahwa itu benar adanya. Di masa pandemi seperti ini minimal pikirkanlah caranya bertahan. Kalau memang memajukan itu sulit, setidaknya bertahan aja dulu. Ingat, badai pasti berlalu.

Patuhi Peraturan

Pemerintah dengan segala aturan yang ditetapkan, walaupun pro kontra tetap kita lihat niat baiknya. Bahwa tujuanya adalah mengatasi pandemi ini secepat mungkin. Hanya dengan demikian perekonomian dapat pulih kembali dan bisnismu dapat seperti sedia kala. Maka patuhilah peraturan itu, termasuk pembatasan pengunjung. Melawan peraturan justru beresiko membuat citra kafe kamu jelek di mata konsumen.

Modifikasi

Tidak perlu yang ekstrim dan melakukan perubahan besar. Cukup mengurangi jumlah tempat duduk saja sudah cukup membuat perubahan bagi konsumen. Hal itu akan terkesan bahwa kafe kamu peduli dengan keselamatan pelanggan. Dalam jangka panjang ini akan baik untuk usahamu. Atau kalau kamu memang punya waktu dan biaya lebih untuk melakukan perubahan yang lebih besar ya silahkan asalkan itu hasilnya profit!

Pikirkan Soal Dunia Digital

Pandemi ini membuat data para pengguna internet meningkat drastis. Bisnis yang sudah bisa online justru kebanjiran orderan. Dan proyeksi ke depan dunia digital akan terus meningkat. Untuk itu kamu harus akrab dengan dunia digital secepat mungkin. Setelah itu pikirkan gimana caranya kelak bisnismu merambah ke sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *