Kenali Fitur Yang Melengkapi Mesin Espresso


Banyaknya pilihan mesin espresso di pasaran membuat kita harus jeli dalam memilih. Kalau kita berpatokan harga saat memilih mesin espresso, hal itu bisa saja, tapi kalau kondisi budgetnya pas-pasan harus pinter-pinter nih memilihnya. Yang dapat mempengaruhi harga dari mesin espresso itu ya salah satunya adalah fitur-fiturnya. Semakin beragam fiturnya, semakin mahal harganya. Tapi apa benar kamu butuh fitur itu?

Untuk itu, memilih mesin espresso yang baik adalah dengan mengetahui fitur-fitur yang tersedia untuk kita sesuaikan dengan kebutuhan kita. Jangan sampai kita membeli mesin espresso yang banyak fitur-fiturnya tidak kita butuhkan. Kan sayang sekali.

Kalau kamu membeli mesin espresso untuk kebutuhan kedai kopi, kamu harus tahu bagaimana kegunaan fitur yang ada pada mesin espresso itu. Ambilah contoh lampu indikator yang ada pada mesin espresso kita apakah cukup jelas dengan kondisi pencahayaan kita di kedai kopi itu. Sebabnya beberapa produsen mesin espresso menggunakan warna yang berbeda-beda pada indikatornya. Sehingga ketika itu tidak disesuaikan dengan pencahayaan atau tema pada kedai kopi, lampu indikator itu bisa kurang jelas. Tentu saja hal ini harus menjadi pertimbangan ketika membeli mesin espresso kita.

Kalau perlu, nih kita kasih checklist untuk memudahkan kamu dalam menemukan mesin espresso yang tepat. Pertama, pegangan portafilter dari mesin espresso. Terutama pada bagian cara kerja ketika portafilter dikunci pada grouphead.

Kedua, jarak antara cangkir dengan spout pada portafilter. Hal ini harus kita sesuaikan dengan jenis yang cangkir yang kita gunakan. Pilih yang jaraknya pendek untuk cangkir yang kecil dan seterusnya.

Ketiga, posisi switch button. Biasanya produsen mesin espresso sudah meletakanya pada posisi yang senyaman mungkin untuk dijangkau. Namun ketika desain dari kedai kopi kamu misalnya sedikit unik atau berbeda, tentu kamu harus mempertimbangkan posisi tombol ini. Desain atau jenis dari switch button ini juga berbeda-beda. Maka pilihlah yang paling nyaman buat kamu.

Untuk mengetahui mesin espresso itu baik atau tidaknya tentu tidak hanya melihat fiturnya, namun banyak aspek lainya seperti material yang digunakan, merek dan lain sebagainya. Namun setidaknya dari fitur yang kamu ketahui itu kamu sudah akan dapat memilih mesin espresso yang tepat buat kebutuhanmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *