Kapan Sih Waktu Yang Tepat Untuk Mengonsumsi Kopi?

Ketika sedang lelah, tidak bersemangat, dan butuh energi, mengonsumsi kopi menjadi salah satu jalan yang banyak dilakukan oleh banyak masyarakat. Pagi, siang, sore, bahkan malam, kalau memang banyak tugas sudah pasti yang namanya kopi harus dikonsumsi. Tapi apakah Anda tahu bahwa ada waktu-waktu terbaik yang disarankan untuk meminum kopi? Apabila Anda mengonsumsi kopi tepat pada waktunya, manfaat yang dihasilkan kopi tersebut pun juga akan maksimal bagi tubuh Anda. Kapan saja waktu tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.

Pada umumnya, ada tiga waktu ketika hormon kortisol mencapai titik puncaknya. Yaitu sekitar pukul 08.00-09.00; 12.00-13.00; dan pukul 18.00-19.00. Biasanya, pukul 09.30-11.00 merupakan waktu dimana hormon kortisol sedang menurun. Saat-saat inilah kafein yang dikonsumsi akan bekerja secara maksimal dan membangkitkan rasa kewaspadaan yang mulai menurun. Akan lebih baik jika Anda mengonsumsi kopi sebelum jam makan siang terakhir, atau maksimal pukul 14.00. Apabila Anda tetap ingin mengonsumsi kafein, Anda dapat menggantinya dengan teh.

Mengonsumsi sebelum olahraga dapat membangkitkan semangat dan energi dalam tubuh kita. Kafein juga bermanfaat dalam meningkatkan metabolism tubuh, yang dapat membantu mempercepat proses pembakaran lemak dari dalam tubuh kita. Konsumsilah kopi minimal 30 menit sebelum Anda berolahraga.

Lalu pada waktu seperti apa sebaiknya kita menghindari minum kopi?

Pagi hari biasanya merupakan dimana kadar hormon kortisol sedang pada puncak-puncaknya. Hormon kortisol atau hormone stress ini berperan dalam meningkatkan kewaspadaan. Hormon ini juga berfungsi dalam membantu mengubah cadangan energi menjadi gula yang digunakan tubuh sebagai bahan bakar. Fungsi hormon ini mirip dengan fungsi kafein. Sehingga, jika kadar kortisol yang tinggi bertabrakan dengan kafein, akan terjadi fungsi ganda dan kafein yang dikonsumsi pun jadi tidak ada manfaatnya.

Kafein sudah pasti akan membuat tubuh Anda berenergi dan bangun. Jadi, jangan mengonsumsi kopi 6 jam setelah waktu tidur Anda. Karena, kafein yang Anda konsumsi dapat bertahan sampai 6 jam di dalam tubuh Anda. Harus diperhatikan bahwa, kurang tidur dapat menyebabkan tubuh terasa lelah, kurang stabil, bahkan menggangu suasana hati. Jika memang banyak tugas yang harus dilakukan, dan Anda terpaksa untuk meminum kopi, minumlah air putih yang banyak. Karena, air putih dapat mengurangi rasa lelah dan menghilangkan kadar kafein dari dalam tubuh.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *