Kalau Tidak Memungkinkan Untuk Menggunakan Mesin Kopi, Ketahui Tips Ini!


Menggunakan mesin kopi memang mempermudah kamu dalam menyedu kopi dengan lebih sempurna. Maka dari itu, kalau memang pecinta sejati kopi, segera miliki mesin kopi dari Santino yang terjamin kualitasnya. Namun pengetahuan tentang bagaimana menyedu kopi yang baik dan benar tentu tetap bermanfaat buat kita, terutama ketika misalnya kita sedang dalam keadaan darurat dan tidak memungkinkan kita menggunakan mesin kopi yang kita miliki di rumah.

Rasa nikmat kopi memang bisa membangkitkan suasana dalam kondisi apapun bagi penikmatnya. Maka dari itu walaupun kamu sedang naik gunung, camping atau jalan-jalan ke tempat-tempat terpencil dimana tidak akan bisa kamu temui kedai kopi yang menggunakan mesin kopi, setidaknya kalau kamu tahu bagaimana cara menyedu kopi dengan baik, maka kamu tetap bisa menikmati kopi kesukaan kamu.

Sebelum ke tahap cara menyedunya, sebaiknya kamu perlu tahu hal lain yang tidak kalah penting dimana nantinya akan berpengaruh pada cita rasa kopi yang kamu sedu. Yaitu, sebaiknya kamu menggunakan biji kopi atau bubuk kopi yang sudah dihaluskan yang masih segar atau baru kamu beli. Alasanya simpel saja, semakin fresh biji kopi kamu, semakin nikmat cita rasa yang dihasilkan. Selain itu mengenai kebersihan peralatan untuk menyedu. Bukan hanya mengenai cita rasanya yang akan terpengaruh, kalau kebersihanya tidak baik tentu tidak baik juga buat kesehatan kamu bukan?

Sebaiknya kamu menyedu kopi kamu dengan air mineral yang sudah steril dari berbagai unsur di dalamnya. Adanya unsur lain di dalam air yang akan digunakan untuk menyedu akan mengganggu rasa yang dihasilkan. Paling mudah adalah dengan menggunakan air mineral kemasan bermerek di toko-toko. Itupun kamu harus tahu merek yang bagus. Atau paling tidak kamu tidak menggunakan air sumur untuk menyedu kopi jika ingin cita rasa kopi yang maksimal, karena biasanya air sumur masih banyak mengandung unsur-unsur yang lain atau bahkan memiliki rasa tertentu.

Untuk suhu ideal dalam menyedu kopi sendiri ada beberapa pendapat. Namun yang paling umum adalah suhu air antara 90 sampai 96 derajat celcius. Itu artinya sebelum air mencapai titik didihnya kamu sudah harus berhenti memanaskan airnya. Karena kalau kopi disedu dengan air yang terlalu panas dapat menghilangkan kualitas rasa kopi dan juga melarutkan kandungan kafein pada kopi. Sehingga rasa yang dihasilkan tidak begitu nikmat dan beraroma.

Nah, perlu kamu tahu juga bahwa rasa terbaik dari kopi itu akan terasa setelah 4 menit terjadi kontak antara kopi dengan air panas. Itulah mengapa banyak orang mengatakan menikmati kopi akan lebih nikmat pada saat hangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *