Jangan Salah Pilih! Inilah Ciri-Ciri Dari Kopi Toraja Asli!

Wilayah Sulawesi memang mempunyai pemandangan yang sangat indah. Tidak hanya itu saja, Sulawesi juga mempunyai kekayaan alam yang sangat berlimpah dan budaya yang sangat beragam. Salah satu kekayaan alam yang paling terkenal adalah kopi. 

Kopi Toraja merupakan salah satu varian kopi yang paling populer di Indonesia dan memiliki kualitas terbaik dibandingkan jenis kopi lainnya. Kopi yang berasal dari Tanah Toraja, Sulawesi Selatan ini memang mempunyai rasa yang unik. Rasa unik inilah yang membuat harga kopi Toraja ini cukup mahal. Meski harganya cukup mahal, namun hal ini sebanding dengan cita rasa yang dapat anda rasakan dari kopi ini. Kopi Toraja di proses dengan cara yang khusus dengan perawatan yang khusus juga.

Kopi Toraja mempunyai karakteristik yang sangat khas, mulai dari bentuk hingga rasa, semuanya sangat unik. Hal inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk menjual kopi jenis ini. Meski demikian, ada saja orang yang terkadang bermain kotor saat menjual kopi ini. Mereka memalsukan kopi ini dengan jenis kopi lain yang sama, yang tentu saja kualitas dan harganya lebih rendah dari kopi aslinya. Agar anda tidak salah memilih, ada baiknya jika anda paham dan tahu bagaimana ciri-ciri biji kopi Toraja yang punya kualitas baik, agar anda tetap dapat menikmati rasa kopi Toraja yang sangat khas dan nikmat. Kopi Toraja yang asli adalah kopi yang mempunyai ciri-ciri sebagai berikut ini.

Rasa Dan Aroma Kopi

Kopi ini memiliki rasa yang sangat fruity dan rasa yang tidak terlalu pahit saat diminum. Kopi Toraja juga memiliki rasa yang bersih. Rasa yang dihasilkan juga beragam, yaitu rempah-rempah atau kacang-kacangan, seperti kayu manis , lada hitam, jahe dan sebagainya. Hal ini disebabkan karena tanaman kopi Toraja ditanam bersebelahan dengan tanaman rempah dan buah-buahan, sehingga menghasilkan aroma yang sangat harum dan rasa yang nikmat. Kopi Toraja asli juga memiliki aroma yang sangat khas dan harum, baik saat proses penggilingan, hingga proses ekstraksi di mesin kopi selesai.

Proses Penanaman Dan Pembuatan

Untuk mendapatkan biji yang benar-benar matang dan memiliki warna merah tua, kopi jenis ini diolah dengan metode giling basah atau wet-hull method. Setelah itu, kopi disangrai dan akan disimpan selama beberapa hari untuk mengeluarkan kualitas terbaiknya. Setelah melewati beberapa proses tersebut, biji kopi baru dihaluskan dan diolah menjadi kopi yang diinginkan konsumen. Kopi Toraja dapat dinikmati dengan cara apa pun sesuai dengan selera anda.

Harga Jual Kopi

Kopi ini merupakan jenis kopi Indonesia yang memiliki nilai jual yang cukup mahal. Untuk kemasan 250 gram, harga kopi Toraja memiliki nilai jual sekitar 60 ribu hingga 85 ribu rupiah. Sedangkan kemasan 1 kg dapat mencapai 180 ribu hingga 200 ribu. Sedangkan untuk roasted bean robusta, harga yang dapat anda keluarkan adalah sekitar 50 hingga 60 ribu rupiah per 250 gramnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *