Jangan Salah Pilih! Inilah Cara Memilih Biji Kopi Yang Berkualitas Baik!

Bagi sebagian besar orang, menikmati kopi sudah menjadi tradisi yang biasa dilakukan saat ingin memulai atau bahkan mengakhiri aktivitas yang dijalankan. Ditemani dengan beberapa camilan ringan, seperti roti, kue, pisang goreng, dan biskuit akan membuat cita rasa yang dihasilkan saat meminum kopi semakin nikmat. Kopi memang sudah menjadi minuman favorit di berbagai kalangan masyarakat. Baik remaja, muda, dewasa, bahkan lansia, semua gemar menikmati minuman satu ini.

Kopi dengan cita rasa yang nikmat dan beraroma kuat merupakan salah satu hal yang tentu kita ingin dapatkan saat ingin membuat dan menikmati kopi. Jika tidak memenuhi syarat tersebut, maka kenikmatan yang dihasilkan kopi akan berkurang. Kualitas biji kopi yang digunakan merupakan hal yang paling penting saat ingin membuat kopi. Biji kopi yang berkualitas buruk tentu akan membuat rasa kopi hambar, tidak beraroma, dan tentu saja tidak kental. Untuk itu, penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana ciri-ciri dari biji kopi yang berkualitas baik, agar cita rasa, aroma, serta tingkat kekentalan yang dihasilkan kopi pas.

Nah, agar kamu tidak salah beli, yang perlu kamu perhatikan saat ingin membeli biji kopi dengan kualitas terbaik adalah sebagai berikut.

Perhatikan Kapan Kopi Tersebut Disangrai

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan memeriksa kapan biji kopi tersebut disangrai. Biji kopi yang segar dan beraroma kuat mempunyai jangka waktu 2 bulan setelah disangrai. Lewat dari itu, maka biji kopi dipastikan sudah kurang berkualitas dan aromanya pun berkurang.

Wadah Penyimpanan Yang Digunakan

Dalam menyimpan biji kopi, tentu kita wajib menggunakan wadah yang tepat agar kualitas kopi tetap terjaga dan aromanya tidak berkurang. Wadah penyimpan kopi yang baik selalu menggunakan bahan aluminium. Penggunaan bahan aluminium dalam menyimpan biji kopi akan mencegah oksigen masuk ke dalam biji kopi, sehingga biji kopi tidak mudah teroksidasi oleh oksigen. Jika kamu melihat bahwa wadah yang digunakan untuk menyimpan kopi tidak terbuat dari aluminium, seperti kantong plastik biasa, maka dapat dipastikan bahwa biji kopi tersebut sudah tidak berkualitas lagi.

Aroma Kopi Yang Dihasilkan

Aroma kopi yang dihasilkan tentu memengaruhi kualitas dan cita rasa yang dihasilkan oleh kopi saat diseduh nantinya. Biji kopi yang berkualitas tinggi mempunyai aroma yang sangat kuat. Namun, jika aroma biji kopi kurang kuat atau bahkan tidak tercium, maka kualitas biji kopi sudah menurun.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat ingin membeli biji kopi dengan kualitas terbaik. Jika sudah membelinya, jangan lupa untuk menyimpannya dalam wadah yang kedap udara. Jangan membeli biji kopi terlalu banyak agar rasa dan aroma yang dihasilkan oleh kopi tetap terjaga dan kamu bisa mengonsumsinya sesuai jangka waktu kopi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *