Jangan Asal Simpan! Beginilah Cara Menyimpan Biji Kopi Agar Tetap Segar!

Kopi merupakan salah satu minuman yang sudah menjadi gaya hidup yang sedang tren saat ini. Rasanya yang unik dan aromanya yang menenangkan membuat banyak orang tergila-gila dengan minuman yang satu ini. Tidak sedikit juga orang yang rela untuk merogoh kocek yang cukup besar hanya untuk membeli minuman kopi favorit mereka.

Namun, daripada harus repot-repot untuk merogoh kocek yang besar, lebih baik jika kita membuat kopi racikan sendiri. Rasanya akan lebih kaya dan aromanya pun akan jauh lebih nikmat dibanding kopi di kedai-kedai. Kamu hanya harus tahu bagaimana cara meracik kopi sendiri dengan tepat agar rasa yang didapat sesuai keinginanmu.

Salah satu bahan utama untuk meracik kopi adalah biji kopi. Kamu dapat membeli biji kopi mentahnya atau jika tidak mau repot, kamu bisa beli biji kopi yang sudah disangrai. Namun, kamu juga perlu memperhatikan kualitas dan aroma biji kopi yang kamu beli. Biji kopi yang segar dan berkualitas baik akan membuat rasa kopi akan semakin kaya dan aromanya pun kuat saat diseduh.

Bukan hanya itu saja, kamu juga perlu memperhatikan cara penyimpanan biji kopi yang sudah kamu beli, apakah sudah benar atau belum. Penyimpanan biji kopi yang benar akan membuat rasa dan aroma asli kopi tetap tidak terkontaminasi dengan benda lainnya yang memiliki bau yang menyengat, sehingga rasa dan aroma asli kopi tetap terjaga, baik pada saat digiling menggunakan mesin kopi hingga pada saat diseduh.

Untuk itu, beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat ingin menyimpan biji kopi agar tetap awet adalah sebagai berikut.

Simpan Biji Kopi Dalam Wadah Kedap Udara

Biji kopi yang ditaruh di ruangan terbuka akan menyebabkan aroma kopi terikat dengan oksigen yang ada pada ruangan, sehingga aroma kopi berkualitas dan kualitasnya pun rusak. Untuk itu, simpan kopi dalam paper bag yang kedap udara agar biji kopi tetap terjaga kualitasnya. Kamu dapat menggunakan paper bag yang terbuat dari bahan aluminium. Bahan aluminium dipercaya dapat mencegah masuknya oksigen ke dalam benda biji kopi.

Simpan Kopi Di Tempat Yang Sejuk Dan Kedap Cahaya

Biji kopi yang terkena cahaya matahari akan membuat kualitas biji kopi rusak. Untuk itu, simpanlah biji kopi di tempat yang sejuk dan gelap agar kualitas kopi tetap terjaga. Namun, jangan simpan di kulkas sebab kulkas memiliki kadar kelembaban yang tinggi, sehingga kualitas kopi juga mudah rusak.

Simpan Pada Suhu Yang Tepat

Suhu yang terlalu panas ataupun terlalu dingin akan membuat kualitas kopi cepat rusak. Untuk itu, kamu perlu menyimpan biji kopi pada suhu yang tepat agar rasa dan kualitas kopi tidak berubah dan tetap awet. Simpan biji kopi dengan suhu ruangan berkisar 22-27 derajat celcius. Suhu tersebut cocok untuk menjaga agar kualitas biji kopi tetap awet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *