Inilah Beberapa Ciri Kopi Yang Sudah Tidak Segar

Pernahkah Anda memesan secangkir kopi di coffee shop, tapi rasanya tidak sesuai dengan ekspektasi? Kemungkinan, kopi yang Anda minum dibuat dengan biji kopi yang sudah tidak segar lagi.

Mengonsumsi kopi yang sudah tidak segar memang tidak akan berdampak negatif pada kesehatan kita. Namun, kafein dan cita rasa yang terkandung didalamnya akan berbeda. Banyak orang yang kurang sadar mengenai hal ini. Jika kopi yang dibuat sudah dicampurkan dengan bahan seperti susu, krim, gula aren, atau sebagainya, rasa kopi yang tidak segar itu pun memang tidak akan terlalu terasa. Tetapi, jika yang Anda minum adalah kopi sejenis americano, kopi tubruk, cold brew, atau kopi-kopi yang menggunakan metode manual brew lainnya, pasti akan terasa perbedaannya dibanding dengan kopi yang masih segar.

Jadi, apa saja sih ciri-ciri kopi yang sudah tidak fresh? Simak beberapa cirinya berikut ini!

Aroma Kopi

Dari aroma kopi, kita dapat mengetahui apakah kopi tersebut masih dalam keadaan segar, atau tidak. Aroma kopi yang sudah tidak segar, tidak akan tercium kuat. Bahkan, ada yang tidak tercium aroma wanginya sama sekali. Jadi sebelum meminumnya, coba hirup aromanya terlebih dahulu sebelum diseduh.

Krema

Pada bagian permukaan kopi, biasanya terdapat lapisan yang menyerupai busa. Lapisan ini disebut krema. Krema dapat membuat kopi menciptakan aftertaste yang lebih lama dan cita rasa yang lebih kuat. Dari krema ini, kita dapat menentukan kesegaran dari kopi. Minuman kopi yang menggunakan biji kopi segar akan membentuk volume krema yang cukup tebal dengan warna yang keemasan atau gelap. Sedangkan krema yang memudar dan tidak tebal menandakan kopi yang sudah tidak segar lagi.

Cita Rasa

Ciri berikutnya adalah dari cita rasanya. Pernahkah Anda meminum kopi yang rasanya hambar? Kemungkinan besar biji kopi yang digunakan sudah tidak segar. Biasanya, biji kopi tersebut sudah disimpan terlalu lama atau disimpan dengan kurang layak. Sehingga, menyebabkan cita rasa dari kopi menghilang. Apabila kopi tersebut dibuat dari biji kopi yang segar, seharusnya kita merasakan tingkat kepekatannya. Apakah ia ringan, lembut, creamy, atau heavy. Jika Anda tidak dapat merasakan sensasi apapun di dalam mulut, itu artinya kopi tersebut sudah kurang bagus.

Sensasi Setelah Diminum

Ciri yang terakhir dapat rasakan dari sensasi kopi tersebut setelah diminum. Kopi yang masih segar akan terasa sensasi sepat yang tertinggal di lidah, atau di dalam bahasa perkopian disebut dengan astrigent. Rasa astrigent ini akan menempel pada lidah dan juga langit-langit mulut Anda selama beberapa menit hingga berjam-jam. Bahkan ada beberapa jenis kopi yang menciptakan sensasi seperti mengemut cokelat di mulut mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *