Ini Mungkin Terlihat Sederhana, Namun Akan Meningkatkan Kopi Buatanmu

Tak ada yang sempurna begitupun dalam urusan kopi. Setidaknya kamu tahu tipsnya untuk mendekati kesempurnaan rasa itu. Dimana kamu dapat menikmati cita rasa biji kopi kesukaanmu dengan lebih maksimal. Ada beberapa tips untuk menikmati espresso, kopi tubruk ataupun filter coffee dengan lebih baik dan memaksimalkan potensi kopi yang kamu miliki.
Jika kamu ingin menikmati kopi espresso dengan lebih baik, aduklah kopi espressomu. Hal ini mungkin kurang lanzim dilakukan oleh mereka para penggemar espresso. Menurut James Hoffman, seorang coffee professional dan penulis The World Atlas of Coffee, espresso lebih bisa dinikmati ketika diaduk sebelum teguk.
Kalau kamu memesan kopi espresso di sebuah kafe, biasanya akan disediakan juga cendok di sana. Hal itu tentu dimaksudkan untuk digunakan mengaduk kopi espresso yang kamu pesan. Espresso meninggalkan krema pada permukaan maka ketika diteguk kita mencicip krema terlebih dahulu. Jika kamu mengaduk kopi espresso kamu terlebih dahulu sebelum meneguknya, maka kamu akan langsung dapat merasakan keseluruhan dan kopi espresso yang kamu pesan itu.
Bagi penikmat kopi tubruk, jenis kopi ini adalah yang paling mudah dibuat. Cukup campurkan saja kopi dengan semuanya dan jadilah kopi yang bisa kamu minum. Namun kemudahan dalam pembuatanya juga ada kelemahanya. Mau tidak mau kamu harus berurusan dengan ampas kopi yang ada di dalamnya. Jika kamu tidak cukup sabar menunggu hingga ampas kopi itu mengendap, maka kamu mau tidak mau akan menikmati kopi bersamaan dengan ampasnya. Maka kamu butuh waktu setidaknya sekitar 3 sampai 4 menit untuk semua ampas mengendap di dasar cangkir, baru kamu bisa menikmatinya dengan lebih baik.
Jika kamu suka seduh dengan cara manual Pour over, Aeropress atau yang lainnya tidak ada salahnya saat selesai seduh mengaduk terlebih dahulu kopi hasil seduhanmu itu. Bisa dengan menggoyangkan server atau mengaduk dengan sendok. Hal ini agar kopi tercampur tepat karena seduhan yang jatuh pertama tentu berbeda dengan yang turun terakhir. Oleh karena itu agar semuanya tercampur dan melahirkan cita rasa berimbang saat dinikmati kopimu harus diaduk. Jangan heran jika melihat barista menggoyang-goyangkan server kopi sehabis diseduh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *