Ingin Kopi Moccacino Buatanmu Enak? Beginilah Caranya!


Siapa yang tidak kenal minuman yang satu ini. Minuman kopi yang terbuat dari campuran espresso dengan campuran coklat dan susu ini sukses membuat masyarakat Indonesia tertarik untuk mencobanya. Mocca adalah salah satu variasi kopi tertua yang ada di dunia. Kopi ini adalah salah satu jenis kopi pertama yang dinikmati oleh orang Eropa dulu. Pembuatan kopi Moccacino ini pada awalnya menggunakan 2 bahan dasar, yaitu coklat dan kopi espresso. Penambahan cokelat pada jenis kopi ini dipercaya akan membuat Moccacino memiliki sensasi rasa cokelat yang cukup kuat. Seiring perkembangan zaman & teknologi, jenis kopi ini mulai dipadukan dengan bahan-bahan lainnya, seperti susu, kayu manis, vanila, dan sebagainya.

Hal inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk membuat kopi jenis Moccacino ini. Tidak sedikit juga orang yang tertarik mencoba membuat rasa kopi ini sama seperti rasa kopi Moccacino di kedai kopi pada umumnya. Namun, kebanyakan dari mereka gagal mencobanya karena cara pembuatan yang mereka gunakan ternyata tidak benar. Tentu kamu tidak ingin agar hal ini terjadi kepada kamu. Nah, agar kopi Moccacino buatanmu enak, simak tips berikut ini.

Bahan Pembuatan

Pada dasarnya, tidak terlalu sulit untuk membuat kopi Moccacino yang nikmat dan beraroma kuat. Bahkan kamu bisa membuatnya sendiri di rumah sesuai dengan resep pada umumnya. Nah, bahan-bahan yang perlu kamu siapkan adalah sebagai berikut.

Espresso One Shot atau Double Shot. ½ sdm coklat bubuk. Susu cair murni (Sebaiknya jangan menggunakan susu kental manis). Cangkir (Ukuran sedang).

Langkah Pembuatan

Masukkan ½ sdm cokelat bubuk yang telah disiapkan sebelumnya ke cangkir ukuran sedang. Masukkan air panas, lalu aduk hingga coklat bubuk merata. Setelah merata, masukkan espresso dan aduk sebentar agar cokelat yang telah cair tadi dapat tercampur rata dengan espressonya.

Masukkan susu ke pitcher. Bagi kalian yang belum tahu, pitcher adalah sebuah wadah yang bentuknya menyerupai teko panjang yang biasanya terbuat dari stainless steel. Steam susunya dengan cara posisi awal ujung pipa steam sekitar 1 cm dari permukaan susu. Kamu juga harus menempatkan posisi pipa steam di pinggir pitcher.

Setelah permukaan susu naik, turunkan sedikit pitcher  hingga jarak steam sekitar 1 cm di permukaan susu. Selalu turunkan ujung pipa steam ketika susu sudah mulai mengembang. Hal ini bertujuan agar busa yang dihasilkan oleh susu tetap lembut dan tidak berantakan, sehingga kamu tidak kesulitan nantinya ketika akan menghias kopinya.

Setelah susu mengembang ¾  dari volume susu awal, tahan posisi pitcher. Jangan diturunkan lagi agar menghasilkan busa susu yang lembut dan rata. Setelah proses steam selesai, goyangkan pitcher agar bentuk busa susu menjadi lebih padat. Tuang susu dengan posisi di tengah cangkir. Tuang dengan perlahan.

Kamu dapat menghias susu yang telah dituang tadi dengan berbagai bentuk yang diinginkan, seperti bentuk hati, daun, boneka, dan sebagainya. Jangan lupa taburkan bubuk coklat agar bentuknya lebih terlihat berkelas. Kopi Moccacino pun siap dinikmati.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *