Informasi Mengenai Kopi Ini Pasti Menarik Buat Kamu

 

Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah melalui proses roasting dan dihaluskan menjadi bubuk. Jenis kopi yang beredar secara luas adalah arabika, robusta, dan liberika. Kopi merupakan minuman ke-2 terpopuler di dunia setelah teh. Bagi banyak orang, kopi bukan sekedar minuman selingan tapi adalah bagian dari gaya hidup.

Sejarah Kopi

Sejarah kopi di dunia bermula di Ethiopia sejak abad ke-9. Pada saat itu, kopi masih dikonsumsi sebagai ceri. Para pedagang dari Arab kemudian memopulerkan minuman hasil seduhan biji buah ceri tersebut.

Pada pertengahan abad ke-15, kopi pun mulai dikomersilkan ke penjuru dunia melalui pelabuhan Mocha di Yaman. Bagaimanakah kisah perjalanan kopi sehingga menjadi minuman populer di dunia? Dengan membaca artikel sejarah kopi di kopipedia, Anda akan terbantu dalam merunut asal usul minuman legendaris ini.

Manfaat dan Anjuran Minum Kopi

Di balik rasa pahitnya, secangkir kopi memiliki berbagai manfaat kesehatan. Mulai dari mencegah munculnya penyakit yang berat seperti diabetes tipe II hingga mengobati penyakit ringan seperti sakit kepala. Tapi jangan salah, meski menyehatkan bukan berarti Anda bisa seenaknya mengonsumsi minuman ini.

Ada waktu-waktu tertentu serta larangan yang harus Anda perhatikan sebelum mengonsumsi kopi. Melanggarnya bukan hanya menghilangkan manfaat tapi juga bisa merugikan kesehatan Anda. Karena itu perhatikan baik-baik anjuran agar secangkir kopi yang nikmat tetap menyehatkan untuk tubuh Anda.

Proses Pengolahan Kopi Sampai Siap Seduh

Sebelum dapat dinikmati dan dibuktikan khasiatnya bagi tubuh, secangkir kopi melewati proses yang sangat panjang. Proses tersebut meliputi proses panen, pascapanen, dan pemanggangan (roasting).

Proses panen kopi tidak dapat sembarangan, karena panen yang asal-asalan akan menyebabkan adanya defect pada biji kopi. Setelah dipanen dan disortir, kopi akan dipisahkan biji dan buahnya, atau depulping. Metodenya beragam, yaitu full washed, semi washed, natural process, dan sebagainya.

Proses selanjutnya adalah pemanggangan (roasting). Ada tiga tingkat kematangan roasting, yaitu light, medium, dan dark.

Semua proses di atas masing-masing bisa membentuk karakter dan cita rasa kopi yang berbeda. Untuk itu, perlu kiranya kenali karakter kopi sebelum menyeduhnya menjadi minuman agar menghasilkan rasa yang maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *