Gimana Caranya Ngopi Tanpa Nyampah Di Gunung?


Kalau kamu hobi bepergian jauh, manjat gunung misalnya, tentu kamu tidak ingin lingkungan yang asri itu rusak karena tumpukan sampah yang kita buang. Termasuk ketika kamu minum kopi, sebaiknya kamu juga tidak nyampah sembarangan ya. Santino kali ini akan memberikan tips bagaimana caranya ngopi di gunung tanpa banyak nyampah.

Biasanya ketika kita habis menyeduh kopi, kita akan langsung membuang ampas kopi kita ke tong sampah. Nah, kalau di gunung yang dimana aja yang penting terbuang begitu saja. Nah, bagaimana kalau kamu gunakan ampas itu untuk scrub muka kamu nanti malam sebelum tidur. Kan seru tuh di gunung tapi wajah kamu masih terawat dengan scrub kopi? Jarang loh ada yang kepikiran.

Kalau kamu memang pecinta alam sejati, kamu harus bisa membuktikan itu. Salah satunya adalah dengan menjadikan kompos ampas kopi yang kamu miliki. Kamu bisa mengaplikasikanya langusung pada tanaman yang kamu temui di gunung. Sehingga kamu dapat melestarikan hutan walaupun dengan cara yang sederhana.

Selain itu, cobalah untuk tidak menggunakan gelas ataupun peralatan makan lainya yang berbahan plastik. Kalaupun terpaksa berbahan plastik, setidaknya yang tidak sekali pakai. Sehingga kamu dapat mengurangi sampah plastik yang mungkin sekali mengotori gunung. Seperti yang kita tahu bahwa sampah plastik itu adalah sampah yang cukup merusak lingkungan.

Kalau kamu butuh mesin kopi yang berkualitas baik dan dengah harga yang bersahabat, di Santino kamu akan menemukanya. Berbagai keperluan untuk membuat kopi yang nikmat ada di sini. Mulai dari mesin kopi, mesin espresso, bubuk kopi dan bubuk cokelat, semua ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *