Ekstraksi Itu Tidak Melulu Soal Filosofi, Tapi Ada Logikanya

Untuk mendapatkan hasil seduhan kopi yang sempurna tentunya harus memperhatikan proses ekstraksi. Memanipulasi proses ekstraksi memungkinkan kita mendapatkan seduhan kopi dengan karakter yang optimal. Proses ekstraksi ini pula lah yang menentukan kualitas sajian kopi sebuah kafe atau kedai kopi. Semakin cerdas seorang barista melakukan ekstraksi, semakin mahal pula nilainya.

Setidaknya ada beberapa hal yang menyangkut proses ekstaksi ini. Yang pertama adalah waktu seduhan. Logikanya, semakin lama kita menyedu bubuk kopi, maka semakin matang ekstraksinya. Alias zat-zat yang terkandung di dalam bubuk kopi dapat optimal dikeluarkan. Ini tentu saja benar, namun bukan berarti selamanya bagus, karena di sana juga rawan ada aroma gosong yang bisa ikut terekstaksi terlalu berlebihan. Berapa waktu yang dibutuhkan itu tergantung banyak hal seperti tingkat kehalusan bubuk kopi, jenis kopi dan lain sebagainya.

Tingkat kelembutan bubuk kopi mempengaruhi waktu ekstraksi. Semakin kasar bubuk kopi tersebut semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk mengekstraknya. Sebaliknya, semakin lembut bubuk kopi tersebut, semakin cepat proses ekstraksinya. Lalu mengapa ada yang menghaluskan bubuk kopi dengan lebih kasar kalau waktunya akan lebih lama? Nah, ini soal selera. Beberapa orang ada yang lebih menginginkan kopi dengan kandungan kafein yang tidak terlalu pekat. Beberapa juga beralasan kalau cita rasanya lebih enak menurutnya, dan lain sebagainya.

Nah, apapun selera dan proses ekstraksi yang kamu lakukan, mesin kopi yang berkualitas baik juga menjadi faktor kualitas ekstraksi kopimu. Maka Santino menyediakan mesin kopi yang layak diandalkan untuk mengektraksi kopi dengan lebih baik. Kamu tidak akan menyesal seandainya kamu berhati-hati terlebih dahulu sebelum membeli sesuatu bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *